Find Us On Social Media :

Punya Buku Tapi Tak Punya Waktu untuk Membacanya? Simak 6 Trik Berikut Ini

By Tika Anggreni Purba, Selasa, 28 Februari 2017 | 18:15 WIB

Berikut Buku yang Mampu Mengubah Kehidupan Bisnis Anda dan Direkomendasikan oleh Para Pengusaha Sukses Dunia

Intisari-online.com—Sebenarnya eksistensi buku tidak lekang dimakan zaman, hanya saja berbagai alternatif hiburan kini bermunculan. Tidak hanya itu, buku yang dulunya dijadikan sebagai sumber hiburan kini banyak digantikan dengan hiburan lain melalui internet.

Sadar tidak sadar, kita juga mungkin mengalaminya. Kita membeli buku, namun tidak membacanya. Buku dijadikan pajangan atau sekadar memuaskan keinginan membeli buku semata.

Peran Buku dalam Kepresidenan Obama Sangat Besar)

Bagaimana caranya agar kebiasaan membaca buku tak punah? Kita memerlukan beberapa trik seperti yang dilansir di lifehacker.com berikut ini:

1. Membuat suasana yang menyenangkan untuk membaca

Kita tidak akan bisa membaca dengan nyaman di ruangan yang gelap. Termasuk juga ketika membaca dengan banyak gangguan seperti suara televisi. Jika kita ingin membaca, upayakan menjauhkan benda-benda yang bisa mengusik perhatian. Misalnya ponsel, TV, dan laptop.

2. Membawa buku ke mana saja

Gunakan waktu luang untuk membaca buku. Seperti kata penulis asal AS, Stephen King, bacalah buku 5 jam dalam sehari. Bagaimana mungkin? Rupanya ia sendiri membawa buku ke mana saja. Setiap ada kesempatan misalnya saat antre di bioskop, supermarket, dan bank ia membaca buku.

Ketimbang membaca berita-berita negatif di media sosial, lebih baik membaca buku, kan?

3. Jangan membaca buku yang tidak disukai

Membaca buku sebetulnya tidak jauh berbeda dengan menonton televisi atau film. Kalau tidak suka, kita bisa memilih yang lain. Buku pun seperti itu, jangan paksakan diri untuk membaca buku yang sebenarnya tidak kita sukai.

Itu sah-sah saja. Tidak akan ada yang menghakimi kita jika kita tidak membaca habis semua halaman buku.