Find Us On Social Media :

Ruang Belajar di Universitas Ini Melarang Pemakaian Ponsel, Bisa Bertahan Berapa Lamakah Anda?

By Lila Nathania, Minggu, 26 Februari 2017 | 14:09 WIB

Ruang belajar bebas ponsel

Intisari-Online.com – Berapa lama seorang mahasiswa bisa bertahan tanpa mengecek ponselnya? Satu jam? Setengah jam? Di zaman sekarang rasanya sudah tidak ada mahasiswa yang bisa bertahan melewatkan beberapa jam tanpa ponsel.

Southwest University yang berada di Chongqing, Tiongkok, rupanya memiliki terobosan unik dalam mendidik mahasiswanya. Mereka membuat satu ruang belajar di mana semua mahasiswa tidak boleh memakai ponselnya sama sekali.

Ketika masuk ke ruang belajar ini, mereka harus meletakkan ponselnya dalam kantong yang sudah tersedia. Setelah itu, mereka tak boleh menyentuh ponselnya sama sekali hingga meinggalkan ruangan tersebut. Jadi, mau tak mau mereka harus belajar tanpa tergoda untuk membuka ponselnya.

Orang yang pertama kali membuat gagasan ruang belajar tanpa ponsel ini bernama Zhang Shuran. Ia berkata bahwa ide ruangan ini muncul karena ada banyak mahasiswa yang tidak bisa menolak hasrat untuk membuka ponsel dan melakukan kegiatan apapun di ponsel itu saat sebetulnya sedang belajar.

Menurut Zhang, hal ini sangat buruk efeknya bagi para pelajat. Jika mereka terus-menerus membuka ponsel, maka efisiensi belajar akan menurun dan performa akademis tidak optimal. Zhang juga menjelaskan bahwa semua ponsel yang ada di ruangan itu tidak ditinggalkan tanpa penjagaan. Ada seorang pengawas yang selalu menjaga ponsel itu. Jika ada telepon yang penting dari orangtua, maka siswa akan segera dipanggil.