Find Us On Social Media :

Sering Kita Lakukan, 5 Hal Ini Ternyata Sama Mematikannya Dengan Merokok! Salah Satunya Duduk Sepanjang Hari

By Muflika Nur Fuaddah, Rabu, 25 Juli 2018 | 09:15 WIB

Intisari-Online.com- Seperti yang kita tahu, merokok merupakan salah satu dari kebiasaan yang sangat tidak sehat.

Lebih jauh, ia dapat merusak paru-paru Anda sendiri.

Dilansir dari Science Alert, tingkat perokok di Amerika memang telah menurun dari 42 persen pada 1965 menjadi 15 persen pada tahun 2015.

Namun ternyata ada sejumlah kebiasaan lain yang memiliki risiko hampir sama dengan merokok yang diam-diam mulai lakukan.

Baca Juga: Kesalahan Besar Pengemudi Mobil Matik yang Sering Disepelekan, Apakah Anda Salah Satunya?

Tak hanya terbatas di Amerika, bahkan beberapa kebiasaan di antaranya secara tak sadar telah menjadi lumrah di berbagai tempat di dunia.

1. Kesendirian

Kesendirian tumbuh seiring meningkatnya penggunaan sosial media yang menurunkan kadar manusia untuk melakukan kontak langsung.

Mantan Ahli Bedah Umum Vivek Murthy mengatakan bahwakesepian adalah gejala yang menjangkiti seluruh dunia dan itu sangat mematikan.

Kemudian dalam penelitian yang dilakukan oleh Julianne Holt-Lunstad, seorang profesor psikologi di Universitas Brigham Young ungkap bahwa kesepian mengurangi rentang kehidupan orang setara dengan merokok 15 batang sehari.

2. Duduk

Studi tahun 2014 ungkap bahwa duduk sepanjang hari meningkatkan risiko kanker.

Setiap dua jam peningkatan waktu duduk meningkatkan risiko orang untuk kanker usus besar, endometrium, dan paru-paru, terlepas dari apakah mereka masih berolahraga di siang hari.