Find Us On Social Media :

Montok dan Murah, Ayam Broiler Justru Menyimpan Banyak Bahaya?

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 16 Februari 2017 | 19:00 WIB

Peternakan ayam broiler

Intisari-Online.com – Kita sering mendengar kalau ayam broiler tidak begitu baik untuk kesehatan. Jika Anda benar-benar menyukai makan daging ayam maka untuk mencari amannya, ya, makan ayam kampung atau ayam yang hidup di rumah kita sendiri yang katanya lebih baik daripada ayam broiler.

(Siapa Sangka, Makan Es Krim ketika Sarapan Bagus untuk Kesehatan Mental dan Kewaspadaan)

Sebenarnya yang menjadi masalah adalah bagaimana ayam itu hidup. Pembiakan dan metode pemberian makanan bisa menjadi masalah. Terkadang para penjual daging ayam lebih peduli agar ayam mereka lebih gemuk sehingga banyak dagingnya yang bisa dijual. Lalu mereka menggunakan metode bagaimana agar ayam mereka cepat gemuk dengan metode yang tidak sehat yang dapat mempengaruhi kualitas daging. Berikut ini beberapa fakta tentang ayam broiler.

Fakta # 1

Daging mentah membawa banyak kuman dan bakteri. Dalam peternakan ayam broiler, terdapat ratusan ayam yang mungkin saja beberapa di antaranya terinfeksi. Ketika mereka dipotong, beberapa dari mereka mungkin saja terkena bakter. Karena dipotong bersama-sama dan dicuci bersama-sama, kemungkinan bakterinya lebih banyak daripada ayam yang hidup di rumah sendiri.

(Meski Sama-sama Daging, Kandungan Gizi Daging Sapi Jauh Lebih Banyak Dibanding Daging Ayam)

Fakta # 2

ayam broiler diberi suntikan antibiotik untuk bertahan hidup dalam kondisi peternakan unggas dengan kekebalan rendah. Ini juga akhirnya menyebabkan resistensi antibiogik. Nah, jika kita mengonsumsi dagingnya dan menderita infeksi, mungkin sulit untuk menghadapinya karena resistensi antibiotik. Dan bayangkan antibiotik dalam unggas memasuki sistem tubuh kita.

Fakta # 3

Ada beberapa sumber yang menyatakan bahwa ayam broiler juga menimbulkan risiko tingkat kanker dan kolesterol tinggi, tetapi ini memerlukan cukup bukti bagaimana kita melihat ayam itu tumbuh.

Fakta # 4

membuat ayam gemuk berbeda-beda di beberapa tempat. Ada yang memakai bahan kimia dan obat-obatan tertentu agar ayam menjadi gemuk dan lebih berdaging. Nah, bahan kimia ini yang menjadi masalah bagi tubuh manusia.