Find Us On Social Media :

Ternyata Cinta Tumbuh di Otak, Bukan di Hati

By Esra Dopita M Sidauruk, Senin, 13 Februari 2017 | 14:03 WIB

The Power of Love

Intisari-Online.com - Banyak orang yang mengira bahwa jatuh cinta itu berasal dari hati. Padahal, jatuh cinta munculnya di otak. Tak heran, jika ada guyonan yang menyebut, cinta itu pakai otak, bukan hati. Dan memang benar bahwa otak berperan penting ketika jatuh cinta.

(“I Love You”, Rahasia Bercinta Paling Sensasional)

Hasil penelitian yang dilakukan oleh Universitas Loyola, AS, mengungkapkan, ketika jatuh cinta, aliran darah akan meningkat ke pusat otak. Peningkatan itu membuat seseorang seperti mengalami kecanduan obat bahkan mirip dengan penyakit mental. Artinya, jatuh cinta itu tumbuh di otak, bukan di hati.

(Inilah Beberapa Alasan Ilmiah yang Aneh Mengapa Orang Bisa Jatuh Cinta)

Penelitian lain juga memperkuat pandangan itu. Seperti yang dilakukan oleh Prof Stephanie Ortigue, peneliti dari Syracuse University, AS, menemukan, ada sekitar 12 area di otak yang bekerja ketika seseorang jatuh cinta. Ke-12 area itu saling terhubung dan menghasilkan reaksi kimia atau perubahan hormonal, yang menciptakan rasa bahagia dan hati bergejolak tidak karuan.

(Inilah 5 Cara Bikin Jatuh Cinta Terus dengan Pasangan)

“Suatu proses di otak dapat menstimulasi hati. Perasaan yang muncul di hati sebetulnya merupakan gejala atas proses yang terjadi di otak,” jelas Ortigue.