Find Us On Social Media :

Jangan Takut "Menjual" Diri untuk Mendapat Gaji Lebih Besar Dibanding Rekan Kerja Lain

By Lintang Bestari, Minggu, 12 Februari 2017 | 13:00 WIB

Tunjukkan kepada bos bahwa kinerja Anda lebih baik dari rekan kerja sehingga layak mendapat kenaikan gaji

Intisari-Online.Com – Jangan takut "menjual" diri kepada atasan jika ingin mendapatkan gaji lebih besar dibanding rekan kerja lainnya. Jangan hanya mengatakan kepada bos bahwa Anda layak naik gaji–tapi ‘tunjukkan’ kepadanya bahwa kita memang layak naik gaji. 

Sebuah studi dari Madrid menemukan fakta bahwa kunci kebahagiaan di kantor bukanlah seberapa besar kita dibayar, tetapi seberapa banyak gaji kita dibanding rekan kerja. Mendapat gaji yang lebih rendah dari teman sekantor kan menimbulkan rasa sedih. "Menjual" diri kepada atasan bukan sat-satunya cara mendapatkan kenaikan gaji, masih ada cara lain yang sayang jika kita lewatkan.

Tetapkan gaji yang tidak terlalu tinggi dan rendah

Meminta gaji yang terlalu tinggi membuat kita tampak gila. Sementara, gaji yang terlalu rendah juga membuat kita menyia-nyiakan pendapatan potensial. Kuncinya adalah tentukan gaji yang ‘pas’. “Lakukan penelitian terkait pekerjaan Anda di wilayah yang sama dan lihat berapa kisaran gajinya,” saran Alison Green, pemilik blog terkenal Ask a Manager.

Tunggu waktu ideal

Meskipun ingin mendapatkan gaji yang besar, namun hal itu tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat. Pastikan kita sudah bekerja cukup lama (paling tidak setahun) untuk membuktikan pencapaian sebelum meminta tambahan gaji. Selain itu, jangan jadi seperti ‘peminta-minta’. Jika sudah naik gaji 3 bulan yang lalu, jangan langsung meminta tambahan lagi dalam waktu dekat.

Jangan menyerah

“Jika bos menolak permintaan naik gaji Anda, tanyakan apa yang harus dilakukan agar kee depannya hal itu bisa terpenuhi. Pemimpin yang baik akan menunjukkan jalan peningkatan naik gaji seperti apa yang dia inginkan,” papar Alice.

Itulah empat langkah meningkatkan gaji Anda agar lebih besar dari rekan kerja. Apakah Anda tertarik mencobanya?