Find Us On Social Media :

Jangan Asal Semprot Obat Nyamuk Bila Tidak Ingin Menimbulkan Celaka Penghuni Rumah

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 21 Juli 2018 | 16:15 WIB

Intisari-Online.com – Sewaktu saya masih tinggal di Semarang ada kenalan yang bayinya tidak tahan semprotan obat nyamuk tertentu. Nafasnya seakan-akan ada yang menghalang-halangi, sehingga terdengar suara "ngrok-ngrok". Apalagi bila si anak tidur, bunyi tersebut semakin nyata.

Ternyata kesalahannya ada pada cara memakai/menyemprotkan obat nyamuk tersebut. Seharusnya disemprot dulu 1-2 jam sebelum waktu tidur atau ditunggu sampai baunya hilang.

Sebaiknya disemprotkan di kolong ranjang, di belakang lemari, meja rias atau - ranjang dan jangan asal semprot ke atas, sebab selain mata kita, bisa terkena, juga akan melekat pada sprei taplak meja dan Iain-lain. Obat pada sprei bisa menempel pada bibir si anak atau bayi.

Obat-obat nyamuk yang kini banyak beredar di pasaran bebas kebanyakan tergolong obat nyamuk racun kontak. Artinya: melalui kontak dengan kulit atau selaput lendir, bisa terserap dalam tubuh dan menyebabkan kematian si nyamuk.

Baca juga: Banyak Nyamuk di Rumah? Cobalah Obat Nyamuk Tradisional Ini

Kepada manusia tentu tidak akan menimbulkan kematian bila dalam konsentrasi seperti untuk nyamuk. Tapi bila sampai diminum, tentu bisa saja menimbulkan kematian. Karena itu, obat-obat nyamuk ini harus diletakkan jauh dari jahgkauan anak kecil, terutama-bayi.

Ada kenalan lain di Semarang juga yang mengatakan, obat nyamuk dalam bentuk" spray, (semprot) lebih mempan. Nyamuk segera mati. Tidak demikian bila dia memakai obat nyamuk yang berasal dari kaleng, padahal merknya sama dari 1 pabrik yang sama.

Ada pabrik yang memakai nama yang sama tapi isinya tidak sama, misalnya ada yang dalam kaleng berisi: Pyrethrin 0,57 dengan piperonylbutoxide 4,12, sedangkan yang dalam spray isinya: bioallethrin 0,3 dan bioresmethrin 0,05.

Pabrik lain menambahkan tulisan untuk membedakannya. Misalnya Baygon dalam kaleng bertulisan OILSPRAY, isinya: Dichlorvos 0,50% dengan propoxur 1%. Sedangkan yang spray isinya: Dichlorvos V2% dengan propoxur 2%.

Baca juga: Segulung Obat Nyamuk Setara 100 Rokok

Obat nyamuk RAID ada beberapa macam: Ada Raid lebih ampuh, yang dalam kaleng isinya tidak sama dengan yang dalam spray. RAID lebih, begitu juga yang dalam kaleng berbeda dengan yang "spray". Raid Rumah dan Taman lain lagi, isinya tidak sama dengan kedua macam di atas tadi.

Ada lagi Raid America no. 1 Insect Spray; yang dimaksud dengan isinya adalah isi zat berkhasiatnya.

 Di dalam perdagangan adapula nama obat nyamuk Startox, yang tidak saja tidak ada/tidak bisa ditemukan komposisi isinya, juga tidak tertulis nama dan alamat pabrik yang membuatnya, sehingga sukar untuk menghubungi dan meminta keterangan mengenai isi obat tersebut.