Find Us On Social Media :

Ketika Albert Einstein Menjadi Sopir

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 8 Februari 2017 | 21:01 WIB

Kisah Surat Einstein kepada Franklin D Roosevelt yang Mengubah Dunia

Intisari-Online.com – Ada sebuah kisah tentang bagaimana Albert Einstein pergi ke sebuah universitas untuk memberikan ceramah tentang teori relativitasnya yang terkenal.

Suatu hari dalam perjalanan mereka ke universitas, sopir mengatakan, “Dr. Einstein, saya pernah mendengar bahwa Anda telah berceramah lebih dari 30 kali. Saya telah belajar dengan sungguh-sungguh dan merasa mampu memberikan ceramah persis seperti Anda."

“Baik, saya akan memberikan kesempatan,” kata Einstein. “Mereka tidak mengenal saya di sekolah berikutnya. Jadi, ketika kita sampai di sana, saya akan memakai topi Anda dan Anda memperkenalkan diri sebagai saya dan memberikan kuliah,” Einstein melanjutkan. Di auditorium, sopir itu memberi kuliah Einstein yang begitu luar biasa hingga tanpa suatu kesalahan apapun.

Ketika ia selesai, dan mulai pergi, seorang profesor menghentikannya dan memberikan sebuah pertanyaan yang sangat sulit. Tujuan dari pertanyaan itu bukan untuk memperoleh pengetahuan tetapi mempermalukan Einstein.

Sopir itu berpikir cepat. “Jawaban untuk masalah yang sangat sederhana,” katanya. “Saya heran mengapa Anda harus bertanya pada saya. Bahkan untuk menunjukkan betapa sederhananya jawaban pertanyaan Anda, saya akan meminta sopir saya untuk datang ke sini dan menjawab pertanyaan Anda!”

Kemudian Einstein berdiri dan memberikan jawaban yang luar biasa untuk pertanyaan profesor itu.