Find Us On Social Media :

Sudah 18 Tahun Sebuah Gunting Bersarang di Perut Ma Van Nhat

By Moh. Habib Asyhad, Selasa, 7 Februari 2017 | 10:31 WIB

Sebuah gunting bersarang di perut Ma Van Nhat selama 18 tahun

Intisari-Online.com - Sudah 18 tahun sebuah gunting bersarang di perut Ma Van Nhat. Kemungkinan besar gunting penjepit dengan panjang sekitar 15 cm itu mulai bersarang di perut laki-laki Vietnam ini ketika ia menjalani operasi perut pada 1998 lalu.

(Hanim Ozgul, Perempuan yang Hidup selama Lima Tahun dengan Gunting dalam Perutnya)

Semua bermula ketika Nhat harus dioperasi dalam keadaan darurat akibat kecelakaan lalu lintas. Belakangan, Nhat kadang mengeluh sakit di bagian perut. Namun, oleh dokter, ia hanya diberi obat tukak lambung. Namun, sebuah pemeriksaan sinar-x yang dilakukan akhir tahun lalu mendapati sesuatu yang mengejutkan.

Ada peranti penjepit (forceps) sepanjang 15 sentimeter yang telah patah dan bersarang di dalam perut Nhat. Dokter pun harus menggelar operasi untuk mengangkat benda asing itu.

Saat ini, penyelidikan terhadap kasus itu masih berlangsung demi menemukan siapa yang bertanggung jawab terhadap kejadian tersebut. Demikian ditegaskan Direktur Rumah Sakiat Bac Trinh Thi Luong kepada VTV seperti dikutip laman Indian Express.

“Sekalipun jika mereka yang bertanggung jawab kini telah pensiun, kami tetap berkewajiban menginformasikan ini kepada mereka,” kata Luong. “Kasus ini merupakan sebuah pelajaran bagi semua dokter.”

Kantor berita Reuters melaporkan, kesalahan dalam tindakan medis di Vietnam terhitung sebagai peristiwa yang tak langka. Sepanjang tahun lalu saja, ada dua kasus kesalahan operasi pada kaki pasien. Belum lagi, ada tiga kasus yang mendiagnosis kehamilan pada lelaki. (Kompas.com/hindustantimes.com)