Find Us On Social Media :

Inilah Vaquita, Mamalia Paling Terancam Punah di Bumi dengan Sisa 30 Spesies Saja

By Lila Nathania, Minggu, 5 Februari 2017 | 15:02 WIB

Lumba-lumba vaquita terancam punah

Intisari-Online.com – Sebagian besar dari Anda mungkin bahkan belum pernah mendengar nama vaquita, namun spesies ini sudah hampir punah. Spesies cetacean terkecil di bumi ini dikabarkan hanya tersisa 30 individu saja di bumi. Mereka tinggal di area yang dilindungi dengan dekat pada area Gulf of California.

(Apa Penyebab Hiu Purba Megalodon Punah?)

Larangan pemakaian jaring di daerah itu rupanya gagal sehingga spesies ini makin terancam punah. Karena itu, sejumlah konservasionis harus melakukan langkah lain yang lebih ekstrem sebelum spesies ini punah untuk selamanya.

Pada tahun 2014, jumlah spesies vaquita telah turun hingga di bawah 100 untu pertama kalinya. Setahun setelahnya, jumlah ini turun lagi menjadi 60. Sekarang menurut studi terakhir, diperkirakan jumlah mereka hanya tinggal 30 saja. Hal ini sangat menyedihkan karena para konservasionis sebenarnya sudah melakukan berbagai cara untuk menyelamatkan vaquita.

(Hewan Tercepat di Dunia saja Tidak Bisa Melarikan Diri dari Kepunahan)

Penyebab utama menurunnya jumlah vaquita secara drastis adalah jaring. Jaring ini sebenarnya tidak ditebar untuk menangkap vaquita. Para nelayan sebenarnya berniat untuk menangkan jenis ikan lain yang juga terancam punah, totoaba. Sirip ikan ini terkenal sangat laris di pasar gelap Timur Tengah karena khasiatnya mengobati penyakit liver serta arthritis.

Awal tahun ini sebenarnya ada rencana untuk menangkap sejumlah vaquita dan meletakkan mereka di daerah penangkaran yang aman. Sayang, upaya ini cukup terlambat dilakukan. Ketika peneliti pergi ke sana, sudah tak ada vaquita yang bisa ditemukan.