Find Us On Social Media :

Mahluk Kecil Tanpa Bokong dan Bermulut Besar Ini Diklaim Sebagai Nenek Moyang Tertua Manusia

By Bramantyo Indirawan, Selasa, 31 Januari 2017 | 18:02 WIB

Saccorhytus coronarius, mahluk yang diklaim sebagai nenek moyang tertua manusia

Intisari-online.com – Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan termasuk ahli paleontologi mengklaim telah menemukan nenek moyang tertua manusia. Riset  gabungan ini melibatkan Cambridge University, University of Kassel,  Northwest University., dan beberapa institusi lainnya.

Mereka melakukan analisa terhadap 45 fosil dengan ukuran sekecil butiran nasi yang ditemukan di provinsi Shaanxi, Tiongkok pada batuan sedimentasi.

Penemuannya adalah Saccorhytus coronarius yang merupakan nenek moyang bagi semua vertebrata atau mahluk bertulang belakang.  Ukurannya sangat kecil dan para ilmuwan percaya mahluk ini hidup di pasir dasar laut pada awal Periode Kambrium, sekitar 540 juta tahun yang lalu.

Penemuan ini telah membantu ilmu pengetahuan untuk mengisi kekosongan evolusi sebuah organisme yang dinamakan sebagai deuterostomia. Manusia sendiri masuk ke dalam kategori ini bersama dengan bintang laut, timun laut, dan hemichordata.

Lanjutkan halaman selanjutnya untuk mengetahui lebih lanjut tentang mahluk yang diklaim sebagai nenek moyang tertua manusia.