Find Us On Social Media :

Kerajaan Kuno dari Masa Kegelapan yang Dulu Hilang Kini Telah Ditemukan Kembali di Skotlandia

By Lila Nathania, Sabtu, 28 Januari 2017 | 20:03 WIB

Kerajaan Skotlandia ini telah ditemukan kembali

Intisari-Online.com – Dahulu kala di daerah Inggris, sesaat setelah kejatuhan Kerajaan Roma, orang-orang barbar menimbulkan kekacauan. Era ini disebut Masa Kegelapan atau Dark Ages. Kerajaan-kerajaan yang ada di waktu itu kebanyakan telah hilang atau dihancurkan. Untung saja salah satu kerajaan di Skotlandia ini telah ditemukan.

Kisah penemuan kerajaan ini diceritakan dalam sebuah buku bernama The Lost Dark Age Kingdom of Rheged. Buku ini menceritakan bagaimana para arkeolog menjelajah area Trusty Hill di Galloway, Skotlandia. Para arkeolog ini memang di sana untuk mengeksplorasi sebagai bagian dari Galloway Picts Project, proyek untuk memelajari peninggalan-peninggalan batuan dari era Abad Pertengahan.

Arkeolog yang awalnya sedang memelajari batuan kemudian melihat semacam bangunan yang mirip benteng. Setelah itu mereka pun menggali area itu. Arkeolog kemudian menemukan bangunan-bangunan  lain yang menunjukkan bahwa area itu dulunya memang merupakan sebuah kerajaan.

Pihak arkeolog yang meneliti daerah ini berkata bahwa reruntuhan ini sudah ada kurang lebih tahun 600. Kerajaan ini dulunya dimiliki oleh seseorang atau satu keluarga yang memiliki status sangat tinggi. Area ini bisa jadi merupakan pusat dari Kerjaan Rheged yang dikuasai oleh Raja Urien.

Salah satu sumbangsih terbesar kerajaan ini pada kebudayaan Inggris adalah karya seni puisi. Walau belum bisa dipastikan 100% bahwa reruntuhan ini adalah milik Kerajaan Rheged, para arkeolog cukup optimis akan dugaan mereka tersebut.