Find Us On Social Media :

Mau Tetap Awet Muda? Konsumsilah Enam Makanan Ini

By Ilham Pradipta M., Kamis, 26 Januari 2017 | 15:01 WIB

Bikin Kulit Cantik Tanpa Operasi Plastik

Intisari-Online.com – Untuk tetap awet muda sebenarnya kita tak perlu repot-repot melakukan berbagai perawatan. Seperti ke dokter, misalnya. Ternyata, resep awet muda juga bisa loh kita dapatkan dari makanan yang kita konsumsi. Sebab makanan-makanan tertentu mengandung vitamin dan nutrisi yang bisa menunda penuaan. Yang perlu kita pahami, awet muda tak hanya menyoal kulit atau wajah. Namun, seluruh organ dalam tubuh kita. Nah, berikut selengkapnya.

(Inilah Kazim Gurbuz, Ahli Yoga Berusia 95 Tahun yang Sembuh dari Kelumpuhan dan Sangat Awet Muda)

1. Beras merah 

Karena masih berkulit ari beras merah kaya akan serat yang membantu mencegah kegemukan dan menurunkan tekanan darah. Selain itu,  ia juga bisa mencegah terbentuknya plak pada pembuluh darah. Nah, dengan begitu risiko terkena penyakit jantung koroner dan stroke pun jadi menurun.

Sebagai sumber karhobihdrat kompleks beras merah tak menaikan kadar gula darah dengan cepat. Makanya beras ini baik diasup oleh penderita diabetes. Beras merah juga mengandung B5 yang bersifat antistres dan selenium yang bersifat antioksidan. Antioksidan inilah yang menjaga tubuh dari bahaya radikal bebas.

(Olahraga Bikin Otak 'Lincah' dan Awet Muda)

2. Bawang-bawangan 

Mungkin sebagian orang enggan untuk mengonsumsi bawang-bawangan karena bau atau pun rasanya. Padahal, keluarga bawang-bawangan memiliki sifat antibiotik yang membantu menumpas virus, jamur, dan bakteri di usus. Bawang-bawangan juga dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan tekanan darah sehingga risiko terkena penyakit jantung pun menjadi kecil. Hebatnya lagi, kandungan asam silat membantu kita untuk mencegah kerut-kerut dan keriput di wajah.

3. Minyak bunga matahari 

Minyak yang termasuk tak jenuh ini bisa memperkuat saraf dan daya ingat. Minyak ini juga membuat vitamin yang terkandung pada buah dan sayur bermanfaat untuk metabolisme. Selain itu, kandungan vitamin E bayak terkandung di dalamnya mampu melawan radikal bebas penyebab penuaan dini.

4. Kopi 

 Dalam Journal of the National Cancer Institute dikatakan, kopi memiliki senyawa bioaktif yang dapat  melindungi kulit kita dari melonama (kanker kelima yang paling umum di US). Orang-orang yang minum empat cangkir kopi setiap hari, dapat menurunkan risiko terserang melanoma hingga 20 persen selama 10 tahun bila dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi kopi.Selain itu, penelitian itu juga mengatakan kalau orang yang rutin mengonsumsi kopi, dapat menurunkan risiko untuk terserang penyakit.