Find Us On Social Media :

10 Robot Menakutkan yang Pernah Dibuat Manusia

By Mentari Desiani Pramudita, Rabu, 25 Januari 2017 | 19:15 WIB

BINA48.

Intisari-Online.com- Nama robot sering kita dengar dalam film-film luar negeri. Ada cerita robot yang mengambil alih dunia. Ada cerita tentang robot yang lucu seperti Doraemon. Sebenarnya, ada beberapa jenis robot yang dibuat oleh manusia. Tentu awal pembuatannya ingin membantu kerja manusia. Hanya saja, ada sebagian robot yang justru menakutkan jika jumlahnya ada banyak.

Berikut 10 robot menakutkan yang pernah dibuat manusia.

(Robot Albert Einstein Ini Akan Mengajari Anak Anda Tentang Sains )

1. BINA48

BINA48 atau Breakthrough Intelligence via Neural Architecture 48 adalah robot sosial yang diciptakan tahun 2010 oleh Martine Rothblatt dan merupakan perwujud-tan istrinya yang lebih dari 100 jam mengkompliasi kenangan, perasaan, dan keyakinannya. BINA48 mampu mengungkapkan lebih dari 64 ekspresi wajah yang berbeda dengan cara menghubungkannya ke internet. Dia juga mampu melakukan percakapan tentang berbagai topik seperti politik, agama, dan teknologi.

2. The RoboFly Catcher

Robot menyeramkan berikutnya diciptakan di Inggris oleh James Auger. Niat awal James adalah untuk membasmi hama. Sayangnya, ada aspek menakutkan dalam robot ini. Ia akan didorong oleh sistem untuk memakan setiap daging. Entah itu daging serangga atau manusia. Jika ia terus memakan serangga atau tikus dan ketika para serangga itu mati, bisa saja robot ini memakan daging manusia dengan kata lain membunuhnya.

3. La Machine Spider Robots

Anda pernah menonton film Tranformers? Nah, di dunia nyata ada robot berbentuk laba-laba ini. Ia dibuat oleh salah satu kolektor seni asal Peransi yang disebut La Machine pada 2008. Tingginya sekitar 40 kaki dan berat 37 ton. Robot ini diperkenalkan di Liverpool. Sayangnya, bukannya membuat orang kagu justru robot ini menakuti masyarakat sekitar karena menembak dan mengeluarkan asap, api, angin, dan air dari kaki mereka. Karena menganggu, robot ini dinonaktifkan. Padahal biaya pembuatannya mencapai 1,8 juta Ponds (Rp30 miliar).

(Leka, Robot Mainan yang Didesain Untuk Berteman dengan Anak-anak Autis)

4. NAO

NAO pernah terkenal beberapa tahun yang lalu. Ia adalah robot yang pandai mengajar. Robot ini terampil dan dapat merespon suara dan isyarat. Bahkan ia bisa menari lagu-lagu hits seperti Psy dan Michael Jackson. Sayangnya, robot seharga 8.000 US Dollar (Rp106 juta) ini ditakutkan mampu menggantikan guru-guru di sekolah.

5. Animatronic

Animatronic adalah seorang robit penari yang diciptakan seniman asal New York, Jordan Wolfson. Ia bisa berbicara, lip-sync dan menari dengan lagu popular saat ini. Hal yang menakutkan dalam robot ini adalah ia menggunakan topeng dengan teknologi mengenal wajah untuk diikuti tariannya dari penonton yang menatapnya. Ia seperti bercermin dengan diri kita dan melakukan tarian yang agresif bahkan cenderung seksi.