Find Us On Social Media :

Catat! Inilah Cara Menjauhkan Risiko Kebakaran Di Rumah Kita

By Ilham Pradipta M., Jumat, 20 Januari 2017 | 14:00 WIB

Kebakaran rumah

Intisari-Online.com – Kebakaran hebat yang terjadi di Blok III Pasar Senein, Kamis (19/1) yang diduga karena karena korsleting, perlu menjadi pelajaran bagi kita semua. Kalau bencana kebakaran dapat terjadi dengan mudahnya bila kita abai memperhatikan risiko yang bisa menyebabkannya. Sebenarnya, hanya dengan beberapa tindakan pencegahan sederhana dan akal sehat, kebakaran bisa dicegah.  Nah, berikut langka yang diperlukan untuk mengurangi risiko kebakaran di rumah kita.

1. Jangan merokok di tempat tidur 

Ambil contoh di negara Amerika Serikat. Di sana kebakaran karena merokok sembarangan telah merenggut jiwa manusia paling banyak dalam kasus kematian akibat api. Oleh sebab itu, jangan biarkan rokok, cerutu, dan pipa api berada di kamar tidur. Selain itu, kita juga perlu berhati-hati, jangan sampai ada rokok yang menyulut api dekat perabot apa pun di dalam rumah. Nah, bila membuang puntung rokok, pastikan sudah tidak ada sisa api.

(Pasar Senen Kebakaran: Ada Penyakit Heran-Heran di Pasar Senen)

2. Siapkan alat pemadam api 

Pepatah “sedia payung sebelum hujan” cukup relevan pada langkah yang satu ini. Sediakanlah selalu alat pemadam api di dapur. Akan lebih baik lagi bila kita memiliki dua alat pemadam api yang bisa diletakan di garasi rumah. Yang terpenting, pastikan para anggota keluarga mengetahui cara menggunakan alat pemadam api tersebut. Selain itu, jangan pula lupa untuk memeriksa alat ini setiap tahunnya untuk memastikan tetap berfungsi dengan baik.

3. Adakan skema penyelamatan 

Pastikan rumah Anda memiliki beberapa jalan keluar. Kalau perlu, belilah tangga pemadam kebakaran atau sarana lain untuk keluar dari jendela di lantai atas. Nah, sebaiknya ulangilah latihan menyelamatkan diri bersama anggota keluarga, seperti sekakan terjadi kebakaran sungguhan. Yang harus dicermati,  jaga agar tangga itu tak terhalang oleh apa pun.

4. Pasang alat pendeteksi asap 

Alat pendeteksi asap merupakan sarana keamanan yang sangat berharga. Semestinya setiap rumah harus dilengkapi dengan alat ini. Pasanglah alat pendeteksi asap di langit-langit kamar tidur, dan ditempat yang kemungkinan besar timbulnya api. Dapur atau garasi, misalnya. Pastikan kita memiliki alat pendeteksi asap di setiap lantai rumah. Lalu, periksalah alat tersebut setiap bulannya untuk memastikan batreinya masih berfungsi.

5. Memelihara peralatan listrik 

Pastikan kalau pemasangan kabel listrik di rumah dalam kondisi baik. Kalau tidak yakin, mintalah bantuan tukang listrik yang berpengalaman untuk membetulkannya. Yang terpenting, hindari terlalu banyak membebani stopkontak dengan adaptor. Jangan pula meningkatkan ukuran sekring bila beban kabel sudah berlebihan.

Jika kita tidak menaikkan kapasitas kabel di dalam saluran itu, hal itu dapat menaikkan suhu kabel dan menimbulkan percikan api.  Selain itu, jangan pula menarik kabel melintang di laintai melewati keset atau karpet. Kabel yang dibiarkan lama di bawah keset atau karpet bisa merusak isolasinya dan menimbulkan panas yang berlebihan, sehingga menimbulkan bahaya kebakaran.