Find Us On Social Media :

Empat Cara Membatasi Penggunaan Gawai pada Anak

By Esra Dopita M Sidauruk, Rabu, 18 Januari 2017 | 13:30 WIB

Jangan Marah Saat Tahu Anak Melihat Adegan Seks

Intisari-Online.com - Dewasa ini, tak sulit menemukan anak-anak yang akrab dengan gawai. Meski gawai dapat menjadi alat pembelajaran, penggunaan gawai perlu dibatasi. Pasalnya, selain mengganggu kesehatan, penggunaan gawai dalam waktu lama juga dapat berdampak buruk pada psikologis anak. Berikut ini adalah cara membatasi anak dari gawai:

(Kiat Melindungi Anak dari Pengaruh Negatif Gadget)

1. Batasi penggunaan

Cara terbaik menjauhkan anak dari gawai adalah dengan membatasi penggunaanya. Misalnya, satu jam dalam sehari. Dengan membatasi, orang tua dapat dengan mudah mengontrol dan  membuat anak menjadi displin dalam menggunakan gawai.

2. Mendorong aktivitas luar ruangan

Orang tua dapat mengajak anak menghabiskan waktu di luar rumah. Selain mampu mengalihkan perhatian dan pikiran dari gawai, hal ini juga dapat membuat anak sehat, baik secara fisik maupun mental, terlebih ketika mereka bermain dengan teman sebayanya.

(5 Dampak Negatif Penggunaan Gadget Bagi Anak)

3. Ganti permainan lain

Cara lain yang dapat dilakukan orang tua adalah mengganti gawai dengan permainan baru atau nyata. Misalnya, permainan catur online diganti dengan mainan catur yang sesungguhnya. Hal ini akan membantu anak mengalihkan minatnya dari gawai ke permainan sesungguhnya yang lebih menyenangkan.

(Terlalu Sering Main Gadget, Banyak Anak-anak Kesulitan Memegang Pensil)

4. Kembangkan hobi

Anak-anak selalu mencontoh apa yang dilakukan oleh orangtua mereka. Sebagai orang tua, Anda juga perlu membatasi penggunaan gawai, terlebih ketika bersama anak. Cobalah untuk menghabiskan kegiatan yang menjadi hobi anak. Di antaranya, bernyanyi, bermain musik, menggambar, mewarnai, atau memasak.