Find Us On Social Media :

Untuk Pertama Kalinya, Nissan Lakukan Uji Coba Mobil Self-driving di London

By Mentari Desiani Pramudita, Rabu, 18 Januari 2017 | 07:01 WIB

Nissan Lakukan Uji Coba Mobil Self-driving di London.

Intisari-Online.com- Sejak tahun lalu, beberapa produsen mobil sudah mencanangkan akan memproduksi mobil self-driving. Untuk permulaan, Nissan telah mengumumkan bahwa mobil self-driving akan diuji coba di London bulan depan.

Ada dua buah jenis mobil yang akan diuji. Namanya adalah Nissan Leaf dan Nissan Qashqai. Keduanya memiliki teknologi mengemudi otonom tanpa pengemudi. Menurut Ketua Nissan Eropa, Paul Willcox, kedua mobil ini sudah sesuai dengan standar yang ditetapkan dan sesuai dengan jalan-jalan di London dan Eropa lainnya.

(Robo Beer Run, Truk Self-driving Pengantar Barang)

“Nissan Leaf dan Nissan Qashqai akan hadir di jalan-jalan London dalam beberapa minggu,” ucap Willcox.

Demostrasi yang dilakukan Nissan ini diklaim sebagai uji coba mobil self-driving pertama di jalan umum di Eropa. London terpilih karena perusahaan mobil asal Jepang ini akan membuka pabrik di Sunderland. Walau ada kekhawatiran karena adanya Brexit yang bisa menjadi menganggu finansial, tapi perusahaan optimis sukses.

(Mobil Self-driving Google Mengalami Kecelakaan dengan Bus)

Mobil self-driving adalah mobil yang diperkirakan menjadi mobil masa depan. Tanpa pengemudi, beberapa produsen sudah mencanangkan pembuatannya. Hanya saja masih ada beberapa masalah yang mengandrungi. Seperti ketakutan penumpang tentang keselamatan dan izin dari pemerintah. Termasuk soal teknis pembuatan dan mode perjalanan mobil self-driving.

Negara Inggris sendiri sudah memberikan dukungan ekstra untuk produksi mobil self-driving. Hal ini dikarenakan untuk melawan daya saing ekonomi bidang otomotif terkair keluarnya Inggris dari Uni Eropa. Apalagi menurut pemerintah Inggris, pada tahun 2025 akan ada perputaran uang mencapi 900 miliar pounds.