Find Us On Social Media :

Ini Bahaya Minum Air Terlalu Banyak

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 17 Januari 2017 | 12:00 WIB

Minum 8 Gelas Air Bikin Diet Sukses?

Intisari-Online.com – Bagaimana bila terhidrasi berlebihan? Yup, ternyata ini juga bisa mematikan. Ada beberapa bahaya minum air terlalu banyak karena bisa merusak tubuh seperti halnya bila minum air terlalu sedikit. Kebanyakan air dapat mengganggu mineral tertentu dalam tubuh.

Umumnya, orang yang berolahraga, pecandu narkoba, atau orang dengan masalah ginjal bisa menjadi mangsa hidras berlebihan. Tapi, siapa pun yang minum air terlalu banyak bisa menderita hidrasi lebih.

Sulit memang untuk menentukan sebenarnya berapa banyak air yang harus diminum karena setiap orang berbeda kebutuhannya. Beberapa orang mungkin membutuhkan lebih banyak air, sementara beberapa lagi hanya membutuhkan lebih sedikit. Metabolisme, jenis kelamin, usia, tinggi badan, berat badan, dan kondisi iklim juga menentukan kebutuhan air kita.

Fakta 1.

Minum air terlalu banyak bisa mengganggu keseimbangan tubuh dari garam dan mineral tertentu. Ketika kadar natrium menukik di bawah level normal (135mEq / L), kita mungkin mengembangkan kondisi yang dikenal sebagai hiponatremia. Bayangkan apa yang terjadi ketika sel-sel membengkak. Jika itu terjadi pada otak, berbahaya!

Fakta 2.

Beberapa olahragawan terus-menerus perlu mengganti cairan dalam tubuh, kadang-kadang mereka terlalu berlebihan dan mengalami lebih dari hidrasi. Yang terjadi adalah ketika mereka mengalami dilusional-hiponatremia.

Fakta 3.

Minuman energi berisi kandungan natrium untuk mencegah ketidakseimbangan kadar natrium dalam tubuh karena over hidrasi.

Fakta 4.

Beberapa efek lain bila hidrasi lebih termasuk sakit kepala, kram otot, lekas marah, kebingungan, dan lemah.

Fakta 5.