Find Us On Social Media :

Satu Perbuatan Baik akan Membuat Perbedaan di Dunia

By K. Tatik Wardayati, Senin, 16 Januari 2017 | 22:01 WIB

Empat kura-kura di danau

Intisari-Online.com – Ini tentang perbuatan baik. Setiap Minggu pagi saya jogging ringan di sekitar taman dekat rumah. Ada sebuah danau yang terletak di salah satu sudut taman. Setiap kali saya jogging di tepi danau itu, saya melihat seorang wanita tua yang sama duduk di tepi air dengan sangkar logam kecil duduk di sampingnya.

Minggu terakhir itu rasa ingin tahu benar-benar mendorong saya untuk berhenti jogging dan berjalan ke arah wanita tua itu. Saat saya mendekat, saya menyadari bahwa sangkar logam itu sebenarnya adalah perangkap kecil. Ada tiga kura-kura, terluka, perlahan-lahan berjalan di sekitar dasar perangkap. Wanita tua itu punya kura-kura keempat yang ada di pangkuannya, sedang ia gosok hati-hati menggukan sikat spons.

“Halo,” kata saya. “Saya melihat Anda di sini setiap hari Minggu pagi. Jika Anda tidak keberatan, saya ingin tahu apa yang Anda lakukan dengan kura-kura ini.”

Wanita tua itu tersenyum, “Saya membersihkan cangkang mereka. Apa pun pada cangkang kura-kura, seperti ganggang atau sampah, mengurangi kemampuan mereka untuk menyerap panas dan menghambat kemampuannya untuk berenang. Ini juga dapat menimbulkan korosi dan melemahkan cangkang dari waktu ke waktu.”

“Wow! Anda benar-benar baik!” seru saya.

Wanita tua itu melanjutkan, “Saya menghabiskan beberapa jam setiap hari Minggu pagi, santai di tepi danau ini dan membantu makhluk kecil ini. Ini cara aneh saya untuk membuat perbedaan.”

“Tapi jangan-jangan kebanyakan kura-kura air tawar sepanjang hidupnya dengan ganggang dan sampah yang menggantung pada cangkang mereka?” saya bertanya.

“Yap, sayangnya, demikian,” jawab wanita tua itu.

Saya menggaruk kepala. “Kalau begitu, apakah Anda tidak berpikir waktu yang telah Anda habiskan? Maksudnya, saya pikir usaha Anda baik, tetapi ada banyak kura-kura air tawar yang hidup di danau di seluruh dunia. Dan 99 persen dari kura-kura ini tidak memiliki orang-orang baik seperti Anda untuk membantu mereka membersihkan cangkangnya. Tanpa bermaksud menyinggung, bagaimana sebenarnya usaha Anda terlokalisasi di sini untuk benar-benar membuat perbedaan?”

Wanita itu terbahak-bahak. Ia kemudian menatap kura-kura di pangkuannya, menggosok bagian terakhir ganggang dari cangkangnya, dan berkata, “Sayang, jika si kecil ini bisa bicara, ia akan memberitahu Anda, bahwa saya hanya membuat perbedaan di dunia.”

Kita dapat mengubah dunia, tetapi mungkin tidak sekaligus, tapi pada satu orang, satu binatang, dan satu perbuatan baik pada suatu waktu.