Find Us On Social Media :

Siapa Sangka, Selfie dengan Pose Tangan ‘Peace’ Ternyata Sangat Berbahaya untuk Keamanan

By Lila Nathania, Minggu, 15 Januari 2017 | 17:02 WIB

Pose selfie ternyata bisa berbahaya

Intisari-Online.com – Kita semua mungkin merasa sudah lumrah untuk berpose dengan gaya ‘peace’ ketika difoto sayangnya, hal ini ternyata bisa jadi sangat tidak aman untuk privasi kita.

(The Bellus3D Face Camera, Perangkat Selfie Terbaru Dalam Bentuk 3D)

Seperti yang mungkin sudah pernah Anda baca, sidik jari kita bisa dibaca melalui foto. Pencurian sidik jadi ini ternyata paling gampang dilakukan pada foto-foto selfie yang tangannya membentuk ‘peace’ karena jari terpampang jelas di depan kamera.

Belum lama ini, sejumlah peneliti di jepang menemukan fakt bahwa sidik jari kita sangat mudah untuk diduplikasi dari foto yang maksimal berjarak tiga meter dari kamera. Jika diambil dari dekat untuk selfie, tentu sidik jadi akan jauh lebih mudah lagi diambil oleh para peretas.

(Inilah Sejarah Panjang Selfie dan Tongkat Narsis Sebelum Ada Smartphone)

Professor Isao Echizen, peneliti keamanan dan media digital di National Institute of Informatics, Jepang, berkata bahwa hanya berfoto dengan pose ‘peace’ telah membuat sidik jari kita sangat terpapar. Pasalnya, kualitas ponsel kita saat ini sudah sangat baik. Jika foto-foto selfie ini diunggah ke media sosial, maka peretas di manapun juga bisa mengambil sidik jari dengan begitu mudah. Hal ini sangat berbahaya karena sekali foto sudah tersebat di internet, semua orang bisa mendapatkannya dengan mudah. Jika Anda memiliki sistem keamanan yang dilengkapi oleh sensor sidik jari, tingkatkanlah kewaspadaan.