Find Us On Social Media :

Menggapai Kebahagian Hidup Melalui Tidur Malam

By Ilham Pradipta M., Jumat, 13 Januari 2017 | 22:00 WIB

manfaat tidur malam bagi kehidupan

Intisari-Online.com - Sering kali kita mengabaikan tidur malam dengan berbagai alasan, lalu tanpa sadar mengeluh karena ada yang mengganjal dalam dirinya. Terkadang, ini hanya soal pola tidur dan menggapai kebahagiaan hidup melalui tidur malam.

Atas nama karier,  rezeki, atau keinginan lain yang sangat diimpikan, pola tidur sering dikorbankan. Terbukti, saat ini rata-rata orang dewasa memiliki waktu tidur 1,5 jam lebih sedikit dibandingkan dengan rata-rata orang dewasa 100 tahun lalu. Begitulah yang diungkapkan Yelena Pyatkevich, MD, Direktur Divisi Neurologi dan Klinik Gangguan Tidur  Boston Medical Center, Amerika Serikat.

Sementara itu, seperti dilansir Daily Mail, pada penelitian yang dilakukan para peneliti AS (2015) terhadap masyarakat di 50 negara termasuk Indonesia terungkap bahwa rata-rata durasi tidur orang Indonesia hanya 6,25 jam per hari. Masih jauh dari rekomendasi durasi tidur Nation Sleep Foundation, yakni 7-9 jam untuk usia 18-64 tahun.

“Kita sedang berada di tengah-tengah zaman krisis tidur,”ujar Arriana Huffington, Editor in Chief The Huffington Post.

Kalau tak percaya, bagi Anda yang tinggal di Jakarta, coba saja untuk menggunakan commuter line atau bus Transjakarta pada pagi atau sore hari. Di sana, tak sedikit dari penumpangnya yang tertidur di dalam transportasi massal itu. “Banyak dari para mereka (penumpang) yang tertidur, artinya: jakarta mengantuk!” ujar dr. Andreas Prasadja, RPSGT, sleep physician, sekaligus penulis buku Ayo Bangun! Dengan Bugar Karena Tidur yang Benar.

(Sulit Tidur Malam Hari? Ini Penyebabnya!)

Menurut Adreas, untuk mencapai kesehatan yang paripurna, ada tiga faktor yang perlu diperhatikan. Ketiga itu bisa diibaratkan sebagai sebuah segitiga. Kedua sisi miringnya adalah nutrisi yang seimbang dan olahraga, sementara sisi dasarnya adalah tidur yang cukup. Nah, begitu persoalan tidur terganggu maka akan berpengaruh pada kualitas kesehatan fisik dan mental.