Find Us On Social Media :

Ingat! Sumber Kalsium bukan Cuma Susu, 6 Makanan Ini Bisa Jadi Alternatif

By Ade Sulaeman, Jumat, 6 Juli 2018 | 11:45 WIB

Intisari-Online.com – Ketika Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyatakan bahwa produk susu kental manis tidak mengandung susu, masyarakat Indonesia langsung 'heboh'.

Maklum, tidak sedikit dari mereka yang sudah kadung mengonsumsi susu kental manis dengan tujuan memperoleh manfaat dari susu khususnya kalsium.

'Kehebohan' tersebut bisa jadi tak sebesar saat ini jika saja masyarakat Indonesia tidak menganggap susu sebagai satu-satunya sumber kalsium.

Beberapa sumber kalsium non-susu bahkan cenderung lebih murah dibanding harga susu.

Baca juga: Melarat, Sindikat Yakuza Kini Harus Bertahan Hidup dengan Mencuri Buah

Satu hal tambahan yang penting dari melepas ketergantungan mengonsumsi susu untuk mendapatkan kalsium adalah dimungkinkannya orang-orang dengan alergi terhadap produk susu tetap memperoleh asupan kalsium.

Ciri-ciri orang dengan alergi produk susu antara lain mengalami kembung, gatal, demam, atau batuk, dan flu ketika mengonsumsi produk susu.

Nah, berikut ini beberapa makanan nabati mengandung kalsium, yang tentu saja kalsium yang dapat diserap oleh tubuh jumlahnya bervariasi.

Baca juga: Menjadi Panglima Perang Pasukan Gajah, Ini 10 Fakta Menarik Hannibal Barca

Almond

Kacang-kacangan seperti almond kaya akan kalsium.

Anda dapat mengunyahnya langsung atau dibuat dahulu menjadi susu almon.

Jika tidak suka atau alergi terhadap produk susu, minumlah susu almond ini untuk mendapatkan asupan kalsium yang mencukupi.