Find Us On Social Media :

Inilah yang Harus Dilakukan ketika Akun Facebook Diretas

By Moh. Habib Asyhad, Jumat, 30 Desember 2016 | 16:06 WIB

?Facebook? Bisa Digunakan untuk Mencari Pekerjaan

Intisari-Online.com - Apa yang harus dilakukan ketika akun Facebook diretas? Pertanyaan ini mungkin ada di sebagian benak kita, yang sehari-harinya rutin beraktivitas melalui media sosial berwarna biru ini, yang di dalamnya banyak sekali data pribadi.

15 Jenis Status Facebook yang Harus Mati di 2017

Jangan khawatir, seperti dilaporkan Kompas.com yang menghimpun dari MakeUseof, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan ketika akun Facebook kita dibobol orang.

Ganti password

Langkah ini bisa dilakukan jika peretas belum mengganti password yang kita pasang sebelumnya. Di Facebook versi PC atau desktop, cukup tekan “Menu” (ditandai ikon panah ke arah bawah, terletak di pojok kanan atas), kemudian pilih “Setting”, dan terakhir tekan tombol “Edit” di bagian “Password”.

Sementara untuk pengguna Facebook versi iOS, cukup tekan “Menu” (ditandai dengan ikon tiga garis, terletak di pojok kanan bawah), pilih “Settings”, dilanjutkan “Account Settings”, tekan “General”, lalu "Password". Untuk versi Android tidak terlalu berbeda dengan iOS. Bedanya, tombol "Menu" terletak di kanan atas.

Tak hanya itu, kita juga bisa memperkuat penyetelan privasi akun lewat opsi "Privacy Settings" di "Account Settings".

Reset password

Segera ambil cara ini saat peretas terlanjur mengganti password dan menendang kita keluar dari akun sendiri. Caranya mudah, cukup tekan "Forgot your password?" ketika hendak masuk atau sign in. Lalu cantumkan alamat e-mail terdaftar ketika membuat Facebook. Kita juga bisa memasukkan username Facebook, tergantung preferensi.

Bagaimana jika kita tak bisa me-reset password karena peretas sudah mengubah informasi e-mail dan nomor telepon? Kita bisa menekan pilihan "No longer have access to these?".