Find Us On Social Media :

Yana Zein Didiagnosis Kanker Payudara: Bagaimana Rambut Pasien Kanker Payudara Rontok?

By Moh. Habib Asyhad, Rabu, 28 Desember 2016 | 17:46 WIB

Yana Zein didiagnosis kanker payudara

Intisari-Online.com - Penyanyi dan pesenetron Nafa Urbach mengunggah foto Yana Zein bersama dua putrinya di depan ruangan kemoterapi di Instagram miliknya. Tubuhnya kurus dan kepala plontos; sekilas kita akan sulit mengenali jika dia adalah sosok yang sama yang kerap memerankan sosok antagonis di beberapa sinetron.

(Yana Zein Didiagnosis Kanker Payudara: Lima Rahasia Kanker Payudara yang Belum Kita Ketahui)

Ke mana rambut indahnya? Bagaimana rambut pasien kanker payudara rontok?

Dilansir dari Hellosehat.com, biasanya kerontokan rambut mulai terlihat dalam dua hingga tiga minggu setelah penyandang kanker payudara memulai kemoterapi. Rambut akan berangsur-angsur tumbuh kembali setelah kemoterapi selesai. Tapi harus dicatat, kebotakan atau kerontokan tidak terjadi pada semua orang dan biasanya terjadi pada pengobatan dalam dosis yang tinggi.

Untuk diketahui, kerontokan terjadi karena kemo menargetkan semua sel yang dapat membelah dengan cepat, termasuk folikel rambut. Folikel rambut merupakan struktur dalam kulit yang berfungsi menumbuhkan rambut—saat normal, folikel rambut akan membelah setiap 23-72 jam.

Perlu diperhatikan juga, tak semua obat kemo bisa memicu kerontokan atau kebotakan. Ada yang membuat rambut kepala saja, ada yang bisa merontokkan rambut-rambut lainnya termasuk di bulu mata, di alis, di ketiak, di tangan, di kaki, dan di area pubis.

Tak hanya itu, kadar kerontokan juga tergantung pada obat dan terapi pendukung yang dilakukan, juga berapa terapi harus dijalankan. “Setiap obat kemo yang berbeda memiliki efek yang berbeda pula,” tulis Hellosehat.com.

Penting untuk mengetahui beberapa kemoterapi kanker payudara yang menyebabkan kerontokan rambut:

Adriamycin (“A” dalam kemo CAF) --> menyebabkan kebotakan rambut kepala, biasanya selama minggu-minggu awal terapi. Beberapa pasien juga melaporkan kebotakan pada alis dan bulu mata mereka.

Methotrexate (“M” dalam kemo CMF) --> mengakibatkan penipisan rambut pada sejumlah pasien namun tidak secara umum. Sangat langka bagi pasien yang menggunakan methotrexate untuk mengalami kebotakan.

Cytoxan dan 5-fluorouracil --> menyebabkan penipisan rambut pada sejumlah pasien, namun beberapa telah melaporkan mengalami kerontokan rambut dalam jumlah besar.

Taxol --> menyebabkan kebotakan, termasuk rambut kepala, alis, bulu mata, bulu tangan dan kaki, serta rambut pubis.