Find Us On Social Media :

Skandal Seks Sepanjang Sejarah: Benarkah Ini Jalan Menuju Ketenaran?

By K. Tatik Wardayati, Senin, 2 Juli 2018 | 16:45 WIB

Intisari-Online.com – Dalam hikayat Ramayana, Dewi Shinta yang istri Rama terjun ke api setelah dipaksa menjadi istri Rahwana. Sekarang, pelaku-pelaku skandal seks malah bisa jadi terkenal.

Kisah segitiga Antasari – Rhani – Nasrudin adalah contoh mutakhir hubungan kekal takhta -  harta - wanita yang bila berkelindan bisa menghebohkan. Bahkan nyatanya berakhir dengan kematian.

Apa pun akhir persidangan Antasari Azhar nanti, bisa dipastikan kariernya di pemerintahan berakhir. Takhtanya hilang karena sandungan wanita. Sudah pasti pula ia akan kehilangan harta yang menyertai takhta itu.

Kasus Antasari akan menjadi peristiwa kesekian yang melibatkan pejabat dan kaum perempuan bukan istrinya dengan pelbagai latar belakang dan keterkaitan. Juga aneka bentuk hubungan; apakah pertemanan tapi mesra, apakah perselingkuhan yang berujung pada perkawinan siri, atau hubungan "komersial-profesional" belaka.

Tahun lalu media ramai memberitakan hubungan antara Ketua Komisi V DPR-RI Ahmad Muqowan dengan Rilune Naudur Paulina Hutauruk yang mengaku sebagai istrinya. Tahun sebelumnya, anggota DPR Max Moein juga diperkarakan Desi Firdianti, sekretaris yang pernah dipacarinya.

Baca juga: Lika-liku Kisah Cinta Pangeran Charles dan Camilla: Kenal Duluan, Skandal Perselingkuhan, Akhirnya Hidup Berdampingan

Yang sempat heboh karena videonya beredar luas adalah peristiwa tahun 2006 yang melibatkan Yahya Zaini dengan penyanyi dangdut Maria Eva. Dari Pekalongan, Jawa Tengah, beredar rekaman hubungan seks antara Bu Walikota dengan wakilnya. Dari kota lain, beredar gambar aparat pemerintah daerah berseragam sedang beradegan mesum.

Itu hanya beberapa contoh. Kebetulan pula disertai bukti gambar, baik foto maupun video, seiring dengan makin meluasnya penggunaan gadget semacam telepon seluler.

Tentu banyak kejadian serupa yang tidak "tertangkap kamera". Tentu pula kejadian itu tidak berlangsung belakangan ini saja, pun hanya di negeri kita belaka.

Ada yang berakibat hilangnya karier (para) pelaku, ada yang mengundurkan diri atau dipaksa mundur, ada yang melarikan diri, ada juga yang bunuh diri.  Mungkin kasus di negeri kita belum ada yang sampai berakibat fatal, kecuali sanksi sosial yang kadang pun lama-lama hilang seiring waktu.

Petinggi Amerika

Bill Clinton semasa menjabat Presiden AS (1992 - 2000) juga pernah tersandung affair dengan pegawai magang Gedung Putih Monica Lewinski. Perselingkuhan yang berlangsung antara 1995 – 1997 itu kemudian terungkap dan Clinton menghadapi sidang impeachment.

Baca juga: Demi Cinta, Beberapa Keluarga Kerajaan Inggris Ini Tak Ragu Memunculkan Skandal