Find Us On Social Media :

Yuk, Senangkan Suasana Hati Melalui Olahraga!

By Ilham Pradipta M., Kamis, 29 Desember 2016 | 06:00 WIB

Keistimewaan yang diusung tiap produsen sepatu lari memang berbeda satu sama lain

Intisari-Online.com - Keajaiban olahraga tak hanya sebatas bermanfaat untuk kesehatan dan kebugaran fisik saja, tapi juga mental kita. Olahraga berkaitan langsung dengan perasaan atau suasana hati para pelakunya. Sebelumnya, banyak yang mengira kalau suasana hati murni dipengaruhi oleh keinginan kita untuk berpikir positif atau negatif. Namun, dunia medis telah lama menemukan kalau kondisi ini dipengaruhi oleh masalah biokimiawi yang terjadi dalam tubuh.

Hal ini berkaitan dengan kerja sistem saraf yang mengatur keseimbangan zat seperti serotonin, neropinephrine, dan dopamine dalam otak. Ketiganya boleh dikata sebagai “hormon kebahagiaan”. Nah, ketika seseorang dilanda depresi, umumnya telah terjadi gangguan pada produksi salah satu fungsi zat tersebut. Untuk mengatasinya, biasanya dokter akan memberikan obat antidepresi yang berguna untuk meningkatkan hormon serotonin dalam tubuh. Tujuannya, agar penderitanya menjadi lebih rileks.

Soal hubungan antara olahraga dan suasana hati, kita patut menyimak sebuah penelitian di UCLA. Penelitiannya dilakukan oleh Alison Woolery, seorang pakar kesehatan. Di sana ia membagi 28 pasien wanita penderita depresi menjadi dua kelompok. Tiga belas diantaranya melakukan rangkaian latih gerak tubuh dalam bentuk yoga. Sementara sisanya, tidak. Setelah diteliti, ternyata kelompok yoga mengalami penurunan tingkat depresi secara signifikan. Hal ini juga disertai dengan kenaikan level serotonin. Mengagumkan, bukan? Sementara itu, peserta lainnya tidak mengalami hal serupa. Penelitian Menunjukkan 10 Alasan Pentingnya Yoga (2)

Pasokan oksigen 

Salah satu penyebab emosi mudah meledak dipengaruhi oleh rendahnya kemampuan untuk memproses suatu masalah secara mendalam dan berpikir jauh ke depan. Nah, hal ini ternyata berkaitan dengan kinerja otak yang kurang maksimal. Biang keladinya sering kali disebabkan karena kurangnya oksigen dalam tubuh. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? 

Caranya, gampang dan sederhana: olahraga. Rajin berolahraga secara teratur bisa meningkatkan kinerja paru-paru. Olahraga akan membuat kapasitas paru-paru jadi optimal dan menjamin pasokan oksigen secara menyeluruh ke seluruh tubuh. 

Olahraga yang dilakukan dengan baik dan benar akan memelihara massa otot, kesehatan sendi, tulang, dan kelangsungan fungsi berbagai organ tubuh. Nah, kalau seluruh organ tubuh sebagai pendukung kehidupan berjalan normal, bisa dipastikan kalau aktivitas kita sehari-hari minim dari gangguan.  Semakin sedikit rasa yang mungkin diderita, semakin mudah pula kita untuk merasa bahagia.  So, tunggu apa lagi? Yuk berolahraga secara teratur agar kita bisa selalu senang.