Find Us On Social Media :

Dokter Ini Berhasil Menumbuhkan Telinga dari Tulang Rusuk dan Daging Lengan Pasiennya

By Lila Nathania, Minggu, 25 Desember 2016 | 19:30 WIB

Kuping orang ini ditumbuhkan di tangan

Intisari-Online.com – Seorang dokter bedah plastik dikabarkan telah berhasil menumbuhkan telinga dari tangan dan tulang rusuknya sendiri. Pasiennya adalah seorang pria yang kehilangan telinganya dalam sebuah kecelakaan mobil.

Agar bisa membuat teling buatan tersebut, dokter memasukkan dilator ke dalam kulit pasien. Dilator adalah semacam alat yang terbuat dari plastik dan berbentuk silinder serta bisa membuat otot rileks. Dilator ini kemudian diletakkan di bawah kulit selama beberapa bulan.

Tim dokter juga menginjeksikan air setiap hari di bagian tersebut. Tujuannya adalah untuk membuat kulit semakin bengkak dan melar. Dokter lalu membuat cetakan berbentuk telinga dari potongan tulang rusuk yang dibentuk dengan sedemikian rupa agar mirip dengan telinga. Tulang rusuk yang dipotong memang diambil yang bentuknya cukup mirip dengan telinga untuk mempermudah proses tersebut.

Cetakan itu lalu dimasukkan ke dalam tanan yang kulitnya sudah diregangkan tadi. Setelah jadi, kuping buatan ini akan ditransplantasikan ke kepala pasiennya. Proses ini mungkin butuh waktu sekitar tiga atau empat bulan.

Jika prosedur ini berhasil dilakukan, bukan tak mungkin kelak bagian-bagian tubuh lainnya juga bisa dibuat oleh tim dokter. Kita lihat saja bagaimana kelanjutan dari prosedur pembuatan telinga buatan yang menarik ini.