Find Us On Social Media :

Penelitian: Pasien Dokter Perempuan Punya Kesempatan Lebih Besar untuk Sembuh Total

By Lila Nathania, Sabtu, 24 Desember 2016 | 19:03 WIB

Dokter perempuan lebih kompeten

Intisari-Online.com - Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa pasien yang dirawat oleh dokter perempuan memiliki kemampuan untuk membaik kondisinya dengan lebih cepat dan permanen. Selain itu, mereka juga berkemungkinan lebih besar untuk tak perlu kembali ke rumah sakit lagi.

(Inilah Alasan Mengapa Dokter Harus Menunjukkan Empati Kepada Para Pasiennya )

Perbedaan ini sebenarnya kecil, namun cukup berarti. Hasil penelitian tersebut dipaparkan oleh pimpinan ilmuwan, Dr. Yusuka Tsugawa dari Harvard. Mereka melakukan penelitian berdasarkan sampel acak milik 1,5 juta pasien di atas 65 tahun yang dirawat di Amerika Serikat.

Dari hasil penelitian, pasien yang dirawat oleh dokter perempuan dalam 30 hari meninggal 11,07%. Sedangkan pasien yang dirawat oleh dokter laki-laki meninggal 11,49% dalam kurun waktu yang sama.

(Catat! Pasien Demam Justru Jangan Diselimuti)

Pasien yang dirawat oleh dokter perempuan juga hanya 15,02% yang perlu kembali untuk dicek lagi oleh dokter. Sedangkan pasien yang dirawat oleh dokter laki-laki sebanyak 15,57% harus kembali untuk cek ulang.

Perbedaan ini sebenarnya cukup kecil, namun tetap saja angka kecil itu berarti karena menyangkut tentang nyawa manusia. Menurut para peneliti, hal ini mungkin disebabkan oleh pendekatan yang digunakan oleh dokter. Perempuan biasanya lebih bisa berkomunikasi secara pribadi dengan pasien, berbeda dengan dokter laki-laki. Jadi, sudah saatnya kita tidak merendahkan dokter perempuan karena mereka ternyata justru lebih kompeten dari lelaki.