Find Us On Social Media :

Bingung Pilih Berlari, Bersepeda, Atau Berenang? Simak Penjelasannya

By Ilham Pradipta M., Kamis, 22 Desember 2016 | 13:00 WIB

Bingung Untuk Pilih Berlari, Bersepeda, Atau Berenang?

Intisari-Online.com – Berlari, bersepeda, dan berenang merupakan latihan kardio yang paling populer. Namun, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. Nah, berikut fakta-fakta menarik dari ketiganya:

1.Kemampuan membakar kalori 

Hampir semua orang yang tidak memiliki keterbatasan fisik bisa melakukan ketiga jenis olahraga ini. Nah, kira-kira seberapa hebat ya ketiganya dalam hal membakar kalori? Ternyata berlari rata-rata bisa membakar 500-800 kalori bila dilakukan selama satu jam, tapi tergantung pada kecepatannya. Sedangkan bersepeda, bisa membakar 350-650 kalori per jam. Bagaimana dengan berenang? Hampir sama seperti bersepeda, berenang mampu membakar kalori tubuh sebanyak 350-700 per jam. Studi: Berenang Bermanfaat Bagi Kesehatan Jantung

2. Rawan cedera 

Hati-hati bagi Anda yang gemar berlari. Sebab olahraga ini risiko cederanya paling tinggi dibandingkan dengan berenang dan bersepeda. Sedangkan berenang, merupakan pilihan olahraga terbaik yang risiko cederanya paling rendah. Inilah Manfaat Menempelkan Es di Bagian Tubuh yang Cedera

3. Efek pada tubuh 

Ketiga jenis olahraga itu pasti memiliki efek yang istimewa bagi tubuh, namun, dengan cara yang berbeda-beda. Lari dapat membangun kepadatan tulang dan melindungi kita dari ancaman osteoporosis. Nah, bagi Anda yang ingin membentuk paha, otot betis, dan panggul, sebaiknya memilih bersepeda. Apa kabarnya berenang? Yang satu ini bisa membantu kita untuk membentuk kaki, punggung, bahu, dan otot lengan.

4. Menurunkan berat badan 

Berenang memang bagus untuk kebugaran. Namun, ini bukan pilihan olahraga yang tepat untuk menurunkan berat badan. Apa alasannya? Usut punya usut, air mendinginkan tubuh dan meningkatkan nafsu makan.

5. Risiko 

Tiap olahraga pasti memiliki risiko masing-masing. Dalam hal ini, berlari bisa meningkatkan paparan sinar matahari, meningkatkan risiko dehidrasi, dan masalah penglihatan. Sedangkan bersepeda bisa meningkatkan paparan polusi dan kecelakaan. Berenang pun juga memiliki risiko pada kulit. Ia bisa membuat kulit kering dan masalah pernapasan karena zat klor di air kolam renang.

6. Pantangan