Find Us On Social Media :

Dicari, Seorang Penerjemah Emoji!

By Moh. Habib Asyhad, Rabu, 14 Desember 2016 | 17:23 WIB

dicari seorang penerjamah emoji

Intisari-Online.com - Sebuah perusahaan di London, Inggris, bernama Today Translation sedang mencari seorang penerjemah emoji. Dikutip dari Kompas.com, orang ini harus mampu menjelaskan pemahaman antar-budaya dalam penggunakan emoji yang sedang ngetren saat ini.

Lebih dari itu, para calon pekerja harus menjalani tes mengenai pengetahuan dan kemampuan terkait apa itu emoji.

Baca juga: Facebook Menambahkan 1.500 Emoji yang Merefleksikan Kesetaraan Gender dan Ras

Berikut bunyi iklan pencarian penerjemah emoji itu:

“Penerjemahan emoji yang saat ini didominasi perangkat lunak yang terkadang tak sensitif dengan perbedaan budaya dalam hal penggunaan dan interpretasi emoji. Atas dasar itulah kami mencari individu yang mampu memberikan sentuhan manusia di saat perangkat lunak penerjemahan tak memadai dan untuk membantu kami menjadai spesialis penerjemah di bidang ini.”

Emoji, yang muncul di Jepang pada 1990-an itu, menjadi sangat populer di dunia setelah Google menggunakannya dalam Gmail pada 2006. Pada 2011, Apple memperkenalkan keyboard karakter dalam sistem aplikasi pengiriman pesan yang berbasis iOS.

Jurga Zilinskiene, CEO Today Translation, mengatakan kepada BBC kebutuhan akan penerjemah emoji ini muncul ketika perusahaan itu diminta menerjemahkan catatan harian seorang klien ke dalam bentuk emoji.

“Saat itu kami tak bisa menemukan spesialis yang bisa memahami emoji,” ujar Jurga, seperti dilansir Kompas.com.

Sejauh ini, Today Translation sudah menerima 30 lamaran dan Jurga mengatakan dia berharap bisa mempekerjakan seseorang secara paruh waktu pada awal tahun depan.

Pada April lalu, sebuah studi yang digelar Universitas Minnesota menemukan adanya perbedaan besar cara orang menerjemahkan emoji. Hal tersebut, demikian hasil studi itu, bisa memicu potensi miskomunikasi yang sangat besar. (Kompas.com)