Find Us On Social Media :

Tidak Perlu Mewajibkan Hal-hal yang Tidak Penting

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 14 Desember 2016 | 06:30 WIB

Burung gagak yang bertengger di punggung kerbau

Intisari-Online.com – Seekor kerbau gemuk sibuk merumput di lapangan. Ia memakan rumput itu selama berjam-jam hingga perutnya kenyang. Ia lalu pergi ke sungai terdekat dan minum airnya. Ia mulai merasa malas karena perutnya kenyang. Maka, kerbau itu berpikir untuk tidur siang. Ia pergi dan duduk di bawah pohon yang teduh. Segera kerbau itu tertidur.

Seekor  burung gagak terbang dari desa terdekat. Ia merasa sangat lelah dan lapar. Ia menemukan sepotong roti yang segera dimakannya. Lalu, ia pergi dan bertengger di punggung kerbau. Gagak duduk dan beristirahat di punggung kerbau selama beberapa jam. Tiba-tiba kerbau itu terbangun.

Burung gagak terbang di depan kerbau dan berkata, “Tuan, saya telah beristirahat di punggung Anda selama berjam-jam. Saya ingin mengucapkan terima kasih atas kebaikan Anda.”

“Anda tidak perlu berterima kasih padaku karena aku bahkan tidak pernah merasakan berat badan Anda. Saya tidak tahu kapan Anda datang atau kapan ketika Anda pergi. Jangan mewajibkan untuk hal-hal atau kejadian yang tidak bermasalah.

Lalu, kerbau bangkit dan pergi. Gagak belajar satu lagi pelajaran yang baik tentang kehidupan.