Find Us On Social Media :

Paris Akan Gratiskan Transportasi Umum untuk Semua Orang

By Lila Nathania, Selasa, 13 Desember 2016 | 15:30 WIB

Paris yang diselimuti kabut asap

Intisari-Online.com – Semua transportasi umum di Paris sekarang sudah dibuat gratis. Disediakan juga sepeda dan mobil elektrik yang bisa digunakan gratis. Kebijakan ini dikeluarkan menyusul setelah adanya sistem yang hanya mengizinkan separuh dari seluruh mobil di Paris untuk masuk ke pusat kota.

(Baca juga: Singapura Kini Memiliki Transportasi Umum Tanpa Pengemudi)

Paris rupanya juga memiliki sistem transportasi yang mirip dengan ibukota kita, Jakarta. Pada hari Selasa, hanya mobil dengan plat nomor genap boleh dipakai. Sedangkan pada hari Rabu, hanya mobil dengan plat ganjil yang boleh dipakai. Siapapun yang melanggar aturan ini akan dikenai denda sekitar 500 ribu rupiah. Pada hari pertama aturan ini diberlakukan, sudah ada 1.700 pelanggaran yang terjadi.

Larangan yang bersifat sementara ini dilakukan demi alasan menyelamatkan lingkungan. Mereka bahkan sudah membuat rencana untuk melarang semua mobil bertenaga diesel per tahun 2025. Memang, saat ini tingkat polusi udara di Paris sudah sangat tinggi.

(Baca juga: Menyebalkan di Transportasi Umum, Duduk Mengangkang Justru Memikat di Aplikasi Kencan Online)

Walikota Paris, Anne Hidalgo, memberi pernyataan bahwa sekarang mereka sudah tidak bisa lagi memberi toleransi pada polusi udara yang menyebabkan penyakit dan kematian. Masalah besar ini memiliki dampak yang buruk untuk masyarakat.

Saat ini, Paris sedang dilanda bencana kabut asap terparah  dalam 10 tahun terakhir. Hal ini diperparah dengan kondisi kota yang tidak berangin. Tak heran kota ini segera mengambil tindakan serius.