Find Us On Social Media :

Total Berat Barang-barang Ciptaan Manusia Sudah Mencapai 30 Triliun Ton

By Mentari Desiani Pramudita, Sabtu, 10 Desember 2016 | 08:02 WIB

Barang-barang yang Dibuang Manusia Di Tempat Pembuangan Sampah Mencapai 30 Triliun Ton.

Intisari-Online.com- Tahukah Anda berapa banyak benda yang telah dibuat manusia di seluruh dunia? Bukan 1 juta ton, bukan juga 1 miliar ton, tapi 30 triliun ton banyaknya.

Menurut para ilmuan dari Universitas Leicester, Inggris, benda-benda tersebut di dapatkan dari berbagai infrastuktur perkotaan dan pedesaan, perangkat kendaraan, mesin dan konstruksi di darat, laut, dan udara. Bahkan termasuk sampah dan benda-benda yang tidak bisa digunakan lagi. Semua data telah dikumpulkan ilmuan selama bertahun-tahun lamanya.

(Baca juga: Bangunan di Jepang Ini Bahannya 100% dari Sampah Daur Ulang)

“Sekarang jumlahnya sangat besar. Sebab berasal dari rumah, pabrik, peternakan, pertambangan, jalan, bandara, dan juga pelabuhan,” kata Jan Zalasiewics, seorang profesor di Universitas Leicester, Inggris yang juga penulis studi.

Jas menambahkan semua benda-benda yang dibuat itu disebut teknosfer. Teknosfer merupakan suatu sistem dan dinamika manusia yang membantunya tetap bertahan. Munculnya teknosfer ini terkaitan dengan usia geologi yang membentuk manusia di Bumi dari tahun 1950 sampai saat ini.

Baca juga: Benda Misterius yang Jatuh Menimpa Kandang Kosong di Sumenep Diduga Sampah Roket Falcon 9)

Tidak seperti biosfer Bumi yang mendukung kehidupan, justru teknosfer sulit didaur ulang jika sudah tidak bermanfaat lagi. Sehingga, alih-alih mendukung kehidupan manusia, teknosfer justru akan menjadi sampah.

Jan juga tidak memungkiri bahwa sekarang teknosfer sudah menjadi satu kesatuan dengan manusia di Bumi ini. “Teknosfer (benda-benda tersebut) akan terus bertambah dan membuat manusia pusing di mana meletakkannya jika sudah tidak terpakai,” jelas Jan.