Find Us On Social Media :

Berpikir Kreatif ala Pangeran Kerajaan

By Lila Nathania, Senin, 5 Desember 2016 | 06:03 WIB

Burung di taman kerajaan

Intisari-Online.com – Raja sedang berjalan-jalan di taman istana ketika ia memperhatikan bahwa taman itu dipenuhi dengan begitu banyak burung. Burung itu ada yang di pohon, di pinggir kolam, di tanah mencari makanan, dan di berbagai tempat lain.

Tiba-tiba raja ini penasaran dengan jumlah burung tersebut, ia pun memanggil salah satu penjaga kebun dan bertanya, “Ada berapa jumlah burung di tamanku ini?” Penjaga kebun itu pun bingung dan menjawab, “Maaf, saya tidak tahu tuan.” Tidak puas, raja pun memanggil staff istana lain dan bertanya, “Ada berapa jumlah burung di sini?” Staf itu pun menjawab dengan takut, “Maaf tuan, saya tidak tahu.”

Raja ini masih penasaran sehingga ia memanggil penjaga istana yang lain. Pertanyaannya masih sama dan jawabannya pun tetap sama. Ia akhirnya berhenti bertanya dan berpikir keras. Tiba-tiba, anaknya datang dan berkata, “Ayah, apa yang membuatmu diam dan berpikir keras?”

Sang raja melihat anaknya lalu berkata, “Ayah hanya penasaran, ada berapa ya burung di taman istana kita ini, nak?” Sang pangeran pun menjawab, “Ada 269 burung di sini.” Sang raja begitu kaget dan bertanya lagi, “Bagaimana kamu bisa tahu, Nak? Tidak ada satu pun penjaga istana yang tahu! Bagaimana kamu menghitungnya? Apa kamu yakin dengan angka itu?”

Pangeran ini kemudian menjawab dengan enteng, “Jika jumlahnya lebih, maka tentu burung-burung ini sendang mendapat tamu. Jika jumlahnya kurang, mungkin ada beberapa dari mereka yang sedang bepergian.”

Moral: Semua pertanyaan selalu bisa dijawab jika kita mau berpikir kreatif. Untuk beberapa hal, kita perlu menjadi fleksibel dan tidak kaku.