Find Us On Social Media :

Tidak Hanya Enak Untuk Sayur Bening, Bayam Juga Bermanfaat Untuk Kulit dan Rambut

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 14 Juni 2018 | 02:30 WIB

Intisari-Online.com – Siapa pun ingin rambutnya cantik dan kulitnya sehat, apalagi gadis-gadis. Lalu bagaimana mendapatkannya tanpa menggunakan bahan kimia di wajah dan rambut kita?

Bayam! Sayuran berdaun hijau ini sangat baik untuk tubuh, karena mengandung berbagai vitamin dan mineral, tetapi yang paling kuat adalah zat besi dan folat.

Folat adalah vitamin B yang membantu dalam pembentukan sel darah merah, dan zat besi membantu sel darah merah untuk membawa oksigen.

Kekurangan zat besi dalam tubuh menyebabkan anemia, yang berarti jumlah sel darah merah yang rendah dalam tubuh.

Sel darah merah yang rendah dalam tubuh menyebabkan kelelahan, kelemahan, mempercepat proses penuaan, membuat kulit terlihat kusam, menyebabkan kerontokan rambut, dll.

Baca juga: Dari Kedelai Hingga Bayam, Lima Makanan Sehat Ini Ternyata Berbahaya Jika Dikonsumsi Berlebihan

Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mengalami kerontokan rambut yang parah lebih cenderung memiliki kandungan zat besi yang rendah di dalam tubuh mereka.

Berikut ini manfaat bayam untuk kulit:

Melawan jerawat

Bayam mengandung vitamin A dan C yang membantu membersihkan kulit dan membaut kulit sempurna dan bercahaya. Antioksidan dalam bayam melawan bakteri yang menyebabkan jerawat.

Campurkan beberapa daun bayam dengan air, lalu terapkan pada wajah dan biarkan hingga masker mengering. Atau tambahkan bayam di salad.

Digunakan sebagai tabir surya

Bayam mengandung vitamin B yang membantu melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya. Juga melindungi kulit dari tanda-tanda penuaan dini.