Find Us On Social Media :

Awas! Giveaway Tiket Gratis ‘Alton Towers’ di WhatsApp Ternyata Penipuan

By Mentari DP, Jumat, 8 Juni 2018 | 17:30 WIB

Intisari-Online.com – Baru-baru ini, pengguna WhatsApp menemukan bahwa ada informasi mengenai tiket gratis ke Alton Towers, sebuah taman bermain (seperti Dufan) yang terletak di Staffordshire, Inggris.

Diketahui informasi ini menyebar sangat luas di antara pengguna WhatsApp dalam bentuk giveaway (hadiah).

Ketika Anda mengklik tautan tersebut, maka Anda terhubung ke URL yang terlihat mirip dengan situs Alton Towers.

"Alton Towers memberikan 5 tiket gratis kepada 500 keluarga untuk merayakan hari ulang tahun ke-110 tahun kami," begitu tulisan dalam informasi tersebut.

Baca juga: Begini Cara Kirim Pesan WhatsApp Tanpa Diketik, Cukup dengan Suara

Namun jika Anda ingin mendapatkan tiket gratis tersebut, Anda harus menuliskan beberapa informasi tentang diri Anda.

Untungnya ada beberapa pengguna WhatsApp yang tidak percaya dengan informasi ini. Mereka pun langsung menghubungi pihak Alton Towers dan WhatsApp.

Hasilnya ternyata giveaway itu penipuan!

Tak heran, beberapa pengguna WhatsApp yang telah menerima informasi dan tahu bahwa itu palsu langsung memperingatkan orang lain untuk tidak teripu daya di Twitter.

“Halo! Baru dapat pesan ini dari teman, terlihat seperti situs web spam yang mungkin bisa Anda perhatikan. Ada titik di atas “o”. Sepertinya terkirim ke semua kontak WhatsApp Anda,” tulis Tom Ruston dalam akun Twitternya.

Menanggapi pengguna Twitter yang bersangkutan, Alton Towers langsung menegaskan bahwa pesan tersebut sebenarnya adalah penipuan.

Ini mendorong orang untuk tidak meneruskan informasi pribadi mereka atau menyebarkan tipuan.

"Hai Paige, ini adalah penipuan. Tindakan sedang diambil untuk menghapus tawaran palsu dan kami mendorong tamu untuk tidak membagikan detail pribadi mereka atau meneruskan penawaran ke kontak mereka. Cara paling aman untuk membeli tiket adalah selalu pergi langsung ke situs web kami http://www.altontowers.com,” tulis akun Twitter resmi Alton Towers.

Memang kejadian ini terjadi di Inggris, tapi ini bisa menjadi pelajaran untuk kita, pengguna WhatsApp di Indonesia, untuk lebih berhati-hati dan tidak mudah percaya dengan giveaway yang tersebar di WhatsApp atau sosial media lainnya.

Baca juga: Israel: Razan al-Najjar Tewas karena Sengaja Dijadikan 'Perisai Manusia' oleh Hamas