Find Us On Social Media :

Anak Anda Suka Mengisap Jempol? Ini 8 Langkah untuk Menghentikannya!

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 7 Juni 2018 | 06:30 WIB

Intisari-Online.com – Pada usia tertentu, saat bayi tumbuh gigi pertamanya, dan pada saat tertentu, ia mengucapkan kata-kata pertama, dan kemudian pada titik yang pasti, seorang bayi mengambil langkah pertamanya.

Pada situasi seperti ini, hal seperti mengisap jempol adalah kejadian normal, namun harus tetap diperhatikan. Karena, muncul masalah bila kebiasaan mengisap jempol ini berlanjut pada periode umur berikutnya.

Anak-anak mengisap jempol mereka sebenarnya mencari kenyamanan dan menenangkan diri mereka sendiri. Jadi, jika anak Anda melanjutkan kegiatan ini, mungkin karena ada sesuatu yang mengganggunya.

Jangan panik, tetaplah bersikap tenang, mungkin tips berikut ini bisa dicoba.

Baca juga: Jangan Disepelekan, Ternyata Tips-tips Lama Ini Sangat Berguna Lho!

Jangan mengubah saran menjadi konfrontasi

Sama seperti orang dewasa, anak-anak tidak suka dihadapkan pada konfrontasi. Oleh karena itu jangan berkonfrontasi demi memecahkan masalah ini. Jangan memarahi anak saat ia mengisap jempol, tetapi cobalah memuji ketika ia bisa mengikut saran Anda.

Berilah pujian dan penghargaan ketika anak memenuhi saran Anda, sehingga ia termotivasi untuk mendapatkan lebih banyak penghargaan, dan akhirnya ia berhenti mengisap jempolnya.

Berikan pengecualian

Jangan langsung memarahi anak ketika ia mengisap jempol setelah terluka. Mungkin dengan cara itu ia sedang menenangkan dirinya. Jangan sampai si kecil trauma karena larangan Anda saat ia mencari kenyamanan dan menenangkan diri. Karena nanti malahan tidak berhasil untuk menghentikannya mengisap jempol.

Batasi waktu mengisap jempol

Ini adalah cara yang telah teruji dan efisien untuk menangani anak-anak mengisap jempol. Misalnya, dia diperbolehkan mengisap jempol hanya ketika tidur malam.

Setelah anak terbiasa, cobalah untuk mempersempit waktunya, misalnya hanya boleh ketika akhir pekan. Begitu seterusnya, sampai anak Anda akan berhenti mengisap jempol tanpa Anda minta.