Find Us On Social Media :

Pengemis Ini Ada Yang Bersedan, Memiliki Deposito, dan Kartu Kredit

By Agus Surono, Kamis, 24 November 2016 | 17:42 WIB

Jutawan Itu Seorang Pengemis

Intisari-Online.com - Irfan (28), seorang pengemis, ditangkap petugas Pelayanan, Pengawasan, dan Pengendalian Sosial (P3S) Suku Dinas Sosial Jakarta Pusat saat tengah mengemis di Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Sarinah, MH Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (22/11/2016).

Yang mengejutkan petugas, mereka menemukan uang Rp1 juta dan dua ponsel pintar canggih berharga jutaan: Samsung Note 3 dan iPhone 5s.

Ini bukan kali pertama kita mengetahui bahwa seorang pengemis tidak seperti yang dibayangkan. Ujaran lawas jangan lihat seseorang dari penampilan memang masih berlaku.

Selasa sebulan sebelumnya (11/10/2016), petugas Suku Dinas Sosial DKI Jakarta juga menjaring Muklis (64), yang diketahui sering mengemis di bawah jembatan layang Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Ketika terjaring, petugas menemukan Muklis membawa uang tunai bernilai Rp90 juta di kantong celana dan barang bawaannya. Menurut pengakuan Muklis, uang itu dikumpulkan dari aktivitas mengemisnya selama enam tahun.

Irfan dan Muklis tidak sendirian. Ada beberapa pengemis lain yang memiliki harta mencengangkan. Tak hanya di Jakarta, tapi di luar Jakarta.

Berikut beberapa di antaranya.

(Baca juga: Bapak dan Anak Lumpuh Ini Tak Mau Mengemis dan Memilih Bekerja Keras)

1. Cahyono, Banjar, Jawa Barat

Ia mengaku terpaksa mengemis untuk membantu ibunya. Karena cacat di tubuhnya ia sering kali ditolak saat melamar pekerjaan.

Mau tahu berapa ‘harta’ yang telah dikumpulkan Cahyono?

Saat terjaring razia, petugas Satpol PP Kota Banjar memang hanya menemukan uang Rp300.000. Namun yang bikin geleng-geleng kepala, ada tabungan senilai Rp19 juta di sebuah koperasi.