Find Us On Social Media :

Inilah Lima Makanan yang Menyehatkan Paru-paru Penderita Asma

By Ilham Pradipta M., Jumat, 25 November 2016 | 08:00 WIB

Terdapat beberapa makanan tertentu yang bisa membuat paru-paru penderita asma semakin sehat

Intisari-Online.com – Penyakit asma dapat muncul kapan saja untuk menyerang penderitanya. Namun, sebenarnya penyakit ini bisa kita kendalikan kok, salah satunya dengan makanan. Ini ada lima makanan yang menyehatkan paru-paru penderita asma yang perlu diketahui.

Cara lain tentu menghindari hal-hal yang menimbulkan alergi. Selain itu, menjaga kesehatan paru-paru agar tetap prima, menjadi kunci untuk mengatasi penyakit ini. Lalu, apa saja ada lima makanan yang menyehatkan paru-paru penderita asma itu? Berikut selengkapnya:

1.Apel 

Ini dia alasan lain untuk menempatkan apel ke dalam list makanan yang perlu kita konsumsi setiap hari.  Sebuah studi di Inggris menemukan, penderita asma yang mengonsumsi apel dalam kurun waktu dua sampai lima minggu, risiko terserang asmanya lebih rendah 32 persen dibandingkan dengan mereka yang sedikit mengonsumsi apel. Menurut para ahli, hal disebabkan oleh senyawa flavonoid yang terkandung di dalam apel. Khususnya flavonoid jenis khellin-lah yang meningkatkan kesehatan paru-paru penderita asma.

2. Blewah 

Bagi penderita asma, mengonsumsi vitamin C merupakan ide yang sangat baik. Sebab vitamin C merupakan antioksidan yang dapat menangkal bahaya radikal bebas bagi paru-paru. Studi dari Jepang mengatakan, anak-anak dalam usia preschool yang mengonsumsi makanan kaya vitamin C, risiko menderita asmanya lebih rendah dibandingkan dengan anak-anak lain yang sedikit mengonsumsi vitamin C.  

Nah, salah satu sumber vitamin C yang baik bagi penderita asma adalah blewah. Bagi yang tidak menyukai blewah, bisa memilih jeruk, kiwi, brokoli, kubis brussel, atau tomat untuk mendapatkan asupan vitamin C

3. Wortel 

Wortel terkenal karena antioksidan beta-karoten yang terkandung di dalamnya. Sebuah studi menunjukkan bahwa beta-karoten yang dikonversi menjadi vitamin A dalam tubuh, dapat mengurangi timbulnya Exercise-induced asthma.  Exercise-induced asthma sendiri merupakan penyempitan saluran udara di paru-paru yang dipicu oleh olahraga berat.

Nutrisi yang terkandung dalam wortel juga baik untuk menjaga kesehatan mata dan sistem kekebalan tubuh agar lebih prima. Selain wortel kita juga bisa mendapatkan beta-karoten dari buah dan sayur-sayuran berwarna cerah. Paprika hijau atau kentang manis, misalnya.

4. Kopi 

Selidik punya selidik, ternyata kopi juga baik loh untuk menjaga kesehatan paru-paru penderita asma. Sebuah studi mengatakan, kopi berkafein sederhana dapat meningkatkan fungsi saluran napas setelah empat jam dikonsumsi. Namun, efek tersebut tidak akan bekerja pada kopi nonkafein. Menurut Robert Graham, MD, an internist with Lenox Hill Hospital in New York City, kopi dapat dijadikan “obat” pertolongan pertama bagi penderita asma untuk memperbaiki masalah aliran udara dalam tubuh.

5. Avokad

Avokad mengandung antioksidan penting yang disebut dengan glutathione. Nah, glutathione berperan untuk melindungi sel-sel tubuh terhadap radikal bebas yang dapat merusaknya. Baiknya lagi, alpukat juga kaya akan lemak tak jenuh yang membantu untuk menurunkan kolestrol.