Find Us On Social Media :

Turbin Waterseer ini Bisa Menghasilkan Air Bersih dari Udara

By Lila Nathania, Minggu, 20 November 2016 | 19:02 WIB

Turbin Waterseer

Intisari-Online.com –  Krisis air bersih adalah salah satu masalah di dunia yang sulit untuk dipecahkan. Namun sekarang berkat teknologi sudah ada turbin Waterseer yang bisa menghasilkan air bersih dari udara.

Waterseer adalah sebuah turbin yang bisa menghasilkan air bersih layak minum dari udara. Cara kerjanya adalah turbin ini bisa mengkondensasi air dari udara. Hebatnya lagi, alat ini sepenuhnya beroperasi tanpa zat kimia serta tak butuh listrik atau energi apapun.

Lantas, bagaimana dia bisa bekerja? Turbin di Waterseer ini berputar karena adanya kipas internal. Bagian bawah dari Waterseer yang terdapat di bawah tanah sendiri merupakan semacam guci untuk menampung air. Di sinilah proses kondensasi terjadi.

Bagian dalam guci penampung air yang terbuat dari logam akan menjadi dingin karena dikelilingi oleh tanah. Setelah itu, logam yang dingin itu akan menurunkan suhu dari udara hangat dari permukaan tanah. Udara hangat yang terkondensasi itu akhirnya akan berubah menjadi air dan tertampung di guci.

Setiap hari, Waterseer bisa menghasilkan 37 liter air layak minum. Alat ini cukup ditanam kira-kira 1,8 meter di bawah tanah dan sudah bisa digunakan. Alat ini bisa sangat membantu bila diletakkan pada tempat-tempat kering di mana akses untuk air bersih sangat sulit.