Find Us On Social Media :

Bingung Kapan Waktu yang Tepat Untuk ke Dokter Spesialis? Ini Dia Penjelasannya

By Ilham Pradipta M., Kamis, 17 November 2016 | 10:32 WIB

Pergilah ke dokter ahli ketika kita atau dokter ingin mendapatkan pendapat kedua

Intisari-Online.com –  Mungkin beberapa dari kita pernah punya pengalaman:  Dokter umum merasa kurang yakin dengan diagnosis, atau pengobatan yang terbaik untuk masalah kesehatan yang kita alami. Biasanya dalam hal  ini dokter mungkin akan merekomendasikan kita untuk pergi ke dokter spesialis.

Berkonsultasi dengan doker spesialis memang diperlukan dan bermanfaat jika kita mengalami situasi yang memang membutuhkan keahliannya. Lalu, dalam kondisi seperti apa kita perlu ke dokter spesialis? Yang pertama, ketika kita atau dokter ingin mendapatkan pendapat kedua. Nah, di sini dokter spesialis amat dibutuhkan untuk memberikan masukan tentang diagnosis atau pilihan penanganannya.

Selain memberikan pendapat kedua, tenaga dokter spesialis juga dibutuhkan saat kita menderita suatu penyakit langka. Bisa juga ketika saat terjadi bentuk penyimpangan dari suatu penyakit biasa. Sebaiknya, jangan tunda dan ragu untuk berkunjung ke dokter spesialis bila kita berada dalam masalah ini. 

Lalu, bagaimana bila kita telah melakukan pelbagai terapi tapi hasilnya nihil? Kalau memang kejadiannya seperti itu, peran dokter spesialis juga diperlukan. Di sana, dokter spesialis mungkin dapat memilih opsi yang lebih tepat, untuk menentukan metode pengobatan lainnya. Selain itu, bila kita merasa kalau penyakit yang kita derita meningkat luar biasa cepat, atau terjadi suatu komplikasi baru, segeralah untuk meminta bantuan dokter spesialis. Lain Dokter Keluarga, Lain Pula Dokter

Lulu, kapan lagi waktu yang tepat untuk ke dokter spesialis? Terakhir, pergilah bila dokter merasa kurang yakin terhadap diagnosisinya, hingga gejala tetap bertahan atau semakin buruk. Dalam kondisi ini, pergi ke dokter spesialis amat disarankan agar kita tidak mengalami gangguan kesehatan dalam jangka panjang.

Nah, sebelum ke dokter spesialis, siapkanlah berbagai pertanyaan. Selain itu, jangan pula lupa untuk memberikan satu kopi riwayat medis kita. Yang diingat, ilmu kedokteran bukan ilmu pasti. Tiap dokter memiliki pengalaman dan kualitasnya masing-masing. Dokter yang berbeda-yang berkualitas tinggi dan berpengalaman- mungkin memiliki cara pengobatan yang berbeda untuk mengobat penyakit tertentu.