Find Us On Social Media :

Inilah 9 Fakta Aneh dan Tak Terduga dari Kopi, Salah Satunya Bisa Basmi Serangga

By Tika Anggreni Purba, Selasa, 15 November 2016 | 17:09 WIB

Fakta kopi yang jarang kita ketahui, salah satunya bisa digunakan untuk membasmi serangga.

Intisari-online.com—Kalau dipikir-pikir, kopi yang biasa kita minum itu sebenarnya minuman yang tidak biasa. Rasanya pahit, tapi aromanya bikin banyak orang mencandu. Dan rupanya, banyak fakta-fakta aneh dan unik dari kopi itu sendiri. Apa saja?

1. Kopi bisa melumpuhkan dan membunuh serangga!

Ya, minuman yang biasa kita konsumsi di pagi hari itu tidak hanya nikmat rasanya, tapi juga bisa membunuh serangga. Kafein berperan sebagai pestisida alami bagi tanaman. Namun mesti hati-hati juga, sebab kandungan kopi bisa menjadi racun bagi hewan peliharaan seperti kucing dan anjing.

2. Kafein merupakan jenis obat perangsang psikoaktif yang paling banyak digunakan di dunia

Sekalipun kita hanya mengonsumsi setengah cangkir kopi di pagi hari, sebenarnya kita sudah termasuk ke dalam pemakai obat jenis psikotropika non narkotika. Itu artinya kita adalah satu dari jutaan orang yang mengonsumsi kafein di seluruh dunia.

Tidak ada yang salah dengan mengonsumsi kopi. Tapi perlu diingat bahwa kafein yang terdapat dalam kopi berdampak psikoaktif yang mempengaruhi sususan saraf pusat yang bisa bikin kita kecanduan.

(Baca juga:Ini Dia, Enam Hal yang Akan Terjadi Pada Tubuh Jika Kita Beralih dari Kopi ke Teh)

3. Kopi bikin kita ingin buang air besar

Memang, semua manusia normal pasti buang air. Namun, akan lebih mudah saat minum kopi. Sekitar 29% dari populasi orang di dunia mengalami efek mulas ketika minum kopi. Hal ini disebabkan oleh stimulant kopi yang berfungsi sebagai zat diuretik. Para ilmuwan juga sudah memverifikasi bahwa kopi memang memiliki kemampuan biokimia untuk membuat perut mulas dan segera beranjak ke toilet.

4. Beberapa jenis kopi diproses dengan kotoran juga.

Biji kopi termahal di dunia berasal dari kopi yang sudah melewati pencernaan hewan dan bercampur dengan kotorannya. Iya, namanya kopi luwak. Biji kopi ini diyakini memiliki rasa yang berbeda setelah dimakan dan melewati saluran pencernaan luwak.

Sebenarnya tidak hanya dari Asia Tenggara, di India mereka membuat kopi dan the monyet yang juga diproduksi melalui kotoran hewan itu.