Find Us On Social Media :

Masih Ingat Mikhail Gorbachev? Ia Kini Sedang Menjalani Pembedahan di Rumah Sakit di Moskwa

By Moh. Habib Asyhad, Kamis, 10 November 2016 | 16:07 WIB

Mikhail Gorbachev, mantan orang nomor satu Uni Soviet yang sekarang sudah sakit-sakitan

Intisari-Online.com - Ada yang masih ingat Mikhail Gorbachev? Seperti dilaporkan AP, mantan orang nomor satu Uni Soviet itu dikabarkan sedang menjalani pembedahan di sebuah rumah sakit di Moskwa, Ibu Kota Rusia.

Jurubicara Gorbachev, Vladimir Polyakov menyebut, Gorbachev dibawa ke rumah sakit sejak Rabu (9/11). Meski demikian, ia menolak untuk menjelaskan penyakit apa yang diderita penerima Nobel Perdamaian tahun 1990 itu.

Polyakov hanya menyebut, Gorbachev menjalani pembedahan terjadwal yang tak signifikan. Polyakov pun menyebutkan, Gorbachev masih bisa makan dengan normal dan akan segera keluar dari RS.

Media-media di Rusia memberitakan, Gorbachev dilengkapi alat pacu jantung menjelang pembedahan. Gorbachev pun diketahui menderita sakit sejak beberapa tahun terakhir. Di bulan September lalu, Gorbachev membatalkan rencana kunjungan luar negeri atas nasihat tim dokter.

Baca juga: Di Balik Sosok Mikhail Gorbachev, Pemimpin Terakhir Uni Soviet yang Mengubah Wajah Dunia

Sejak tahun 1991 saat Uni Soviet runtuh, mantan presiden ini banyak mendalami studi politik, sosial, dan ekonomi.

Kita tahu, laki-laki kelahiran Stavropol, 2 Maret 1931, ini merupakan politikus Rusia dan pemimpin Uni Soviet periode 1985 hingga bubarnya pada 1991. Banyak sekali perubahan-perubahan besar yang dilakukan Gorbachev selama menjadi orang nomor satu di negara Komunis itu—yang secara langsung atau tidak langsung memicu runtuhnya Uni Soviet.

Gorbachev lalu mengundurkan diri sebagai Presiden Uni Soviet pada Natal 1991 menyusul percobaan kudeta yang dilakukan kelompok garis keras di Moskwa pada Agustus 1991. Percobaan kudeta ini dipicu oleh perdebatan ikhwal rencana perubahan bentuk negara.