Find Us On Social Media :

Anda Takut pada Anjing? Mungkin Anda Mengidap Cynophobia

By Tika Anggreni Purba, Rabu, 9 November 2016 | 18:23 WIB

Ketakukan kepada anjing biasanya disebabkan pengalaman buruk di masa kecil.

Intisari-online.com—Terlalu takut pada anjing merupakan salah satu jenis fobia yang sangat umum. Namanya adalah Cynophobia. Walaupun angka fobia terhadap ular dan laba-laba lebih tinggi, namun intensitas orang mengalami rasa takut pada anjing lebih banyak. Sebab anjing merupakan binatang yang hidup berdekatan dengan manusia dalam kehidupan sehari-hari.

Sama seperti kebanyakan fobia terhadap binatang lainnya, ketakutan terhadap anjing juga biasanya disebabkan oleh pengalaman buruk dengan anjing, khususnya pada masa kanak-kanak.

Saat masih anak-anak, seseorang tidak merasa takut untuk bersentuhan bahkan bermain dengan anjing. Namun ketika anjing itu menggeram, anak-anak langsung takut. Apalagi jika ukuran anjingnya lebih besar.

Pengalaman negatif ini tidak hanya peristiwa yang terjadi secara langsung. Namun juga peristiwa tidak langsung. Misalnya anak-anak ditakut-takuti agar tidak berdekatan dengan anjing.

Bahkan risiko cynophobia bisa semakin meningkat ketika seseorang melihat teman atau saudara digigit oleh anjing. Sehingga ketakutan semakin lama semakin menjadi.

Gejala fobia ini biasanya ditandai dengan takut kepada anjing secara berlebihan. Lebih tepatnya seperti didramatisasi. Selain itu, bisa saja merasa sangat tidak aman dan nyaman jika ada anjing di sekitarnya. Bahkan ketika melihat foto atau video anjing sekalipun.

Gejalanya memang bervariasi. Ada orang yang langsung lari ketika melihat anjing, ada juga yang terdiam membeku, bahkan ada juga yang langsung bersembunyi. Ia bisa saja gemetar dan mulai menangis.

Persoalannya ialah tidak mungkin terus menghindari anjing sementara anjing bisa ditemukan di mana saja. Dampaknya justru parah, misalnya seseorang itu malah memutus komunikasi dengan orang-orang yang memiliki anjing. Bahkan menolak untuk datang ke pertemuan yang kemungkinan ada anjing di situ.

Ia juga sulit untuk menikmati aktivitas di luar ruang. Sehingga ia bisa saja lebih senang mengurung diri di rumah. Akibatnya malah bisa merembet ke depresi dan gangguan kecemasan lainnya.

Seperti fobia pada umumnya, ketakutan terhadap anjing sebenarnya bisa disembuhkan. Caranya ialah dengan terapi cognitive behavioral techniques yang didesain untuk menghilangkan ketakutan dan meningkatkan keberanian.

Sebelum berinteraksi dengan anjing langsung, mungkin bisa dimulai dengan melihat gambar atau membayangkan anjing terlebih dahulu. Kalau sudah sangat parah, terapi obat juga disarankan. Jangan takut, asal ada kemauan cynophobia ini bisa disembuhkan.v