Find Us On Social Media :

Membeli di Pedagang Kecil Lebih Mulia Dibanding di Supermarket

By Lila Nathania, Sabtu, 5 November 2016 | 07:00 WIB

ibu penjual buah

Intisari-Online.com - Pernahkah kita merasa rugi karena mendapatkan harga lebih mahal di pedagang kecil ketimbang di supermarket? Sebenarnya membantu pedagang kecil jauh lebih mulia ketimbang membeli barang di supermarket.

Hari ini Dedi pulang kerja sambil membawa kantong belanja karena sang istri titip dibelikan buah pepaya dua kilogram. Dedi hendak pergi ke supermarket langganannya yang dekat dengan kantor kerjanya. Saat baru mau masuk ke mobil, Dedi melihat seorang ibu tua berjualan di pinggir jalan. Rupanya ia membawa pepaya. Karena tidak terburu-buru, Dedi memutuskan untuk ,melihat sebentar jualan ibu tersebut.

"Pagi Bu, berapa harga pepaya ini?" ujar Dedi sambil menunjuk beberapa buah pepaya yang tampak ranum. "Pagi, harga pepaya itu sekilo delapan ribu rupiah," jawab sang ibu. Dedi pun menawar dengan berkata, "Kalau di supermarket ini hanya enam ribu saja. Ibu tidak bisa menjual ke saya dengan harga sama?" Ibu itu berkata dengan sedih, "Maaf, saya tidak bisa menjual dengan harga itu. Kalau saya jual enam ribu, saya sama sekali tidak untung."

Dedi berpikir sejenak kemudian memutuskan untuk membeli di supermarket saja. Masa penjual di pinggir jalan ini harganya justru lebih mahal? Begitulah batinnya berkata. Saat akan pergi, ibu itu masih sempat menahan dengan berkata, "Jika kamu mau, saya bisa menjual dengan harga Rp7.500 saja." Namun, Dedi memilih untuk pergi.