Find Us On Social Media :

Empat Cara Memerangi Gangguan Depresi Musiman

By Esra Dopita M Sidauruk, Minggu, 6 November 2016 | 07:04 WIB

Empat Cara Memerangi Gangguan Depresi Musim

Intisari-Online.com - Jika akhir-akhir ini Anda mengalami gejala seperti depresi berat, Anda mungkin sedang mengalami gangguan afektif musim atau Seasonal Affective Disorder (SAD). SAD merupakan jenis depresi yang berkaitan dengan siklus dan musim. Datang dan pergi pada waktu yang sama setiap tahun. Tanda gejala itu, di antaranya mudah marah, menurunnya energi, dan penurunan berat badan. Berikut empat cara memerangi gangguan depresi musim SAD:

1. Berjalan di pagi hari

Satu jam berjalan kaki di luar ruangan setiap pagi dapat memberikan dampak positif bagi mereka yang mengalami SAD. Cahaya matahari di pagi hari punya dampak positif bagi penderita SAD. Hormon melatonin berperan dalam SAD. Sebab, melatonin disekresikan dalam gelap.  

2. Jadwal rutin

Mempertahankan siklus tidur yang teratur, baik saat hari kerja atau libur mampu membuat jam internal tubuh sinkron dengan ritme sarkadian. Struktur master jam kecil di otak dipengaruhi oleh cahaya. 

3. Olahraga

Selebritas seperti Gwyneth Paltrow dan Lena Dunham menggunakan olahraga sebagai cara untuk membantu mengangkat semangat mereka, maka itu Anda perlu melakukan olahraga! Tak hanya fisik, latihan aerobik yang teratur juga sangat baik untuk kesehatan mental, terlebih selama musim dingin. 

4. Mengatur pencahayaan di rumah

Terlalu sering terpapar cahaya matahari pada siang hari dapat mempengaruhi gejala SAD. Maka itu, Anda harus mengatur intensitas pencahayaan dalam rumah. Jumlah paparan yang harus didapat setiap hari berkisar dari setengah jam sampai beberapa jam.