Find Us On Social Media :

Lima Kesalahan Umum yang Sering Kita Lakukan di Toilet

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 2 November 2016 | 10:05 WIB

Kesalahan umum yang sering dilakukan di toilet.

Intisari-Online.com – Toilet adalah tempat yang baik untuk dikunjungi, mengingat tempat tersebut menyediakan waktu untuk mengeluarkan limbah dari tubuh dan meninggalkan perasaan yang lebih baik. Namun, jika kita tidak melakukan semua hal dengan benar di tempat tersebut, itu  bisa berakhir berbahaya daripada lebih baik.Inilah beberapa kesalahan umum yang sering kita lakukan di toilet.

Duduk/tinggal terlalu lama

Toilet dimaksudkan bagi kita untuk melakukan buang hajat kita, dan kemudian melangkah keluar. Jika ktia sembelit, sebaiknya segera menghubungi dokter. Jangan mencoba untuk memaksa, karena bisa menyebabkan diri kita menjadi lebih sakit. Tinggal lebih lama di toilet juga menyebabkan kita kemasukan kuman berbahaya, sebaiknya hindari hal ini.

Salah menyeka

Ini penting, terutama bagi wanita. Mungkin masih banyak yang melakukannya dengan cara yang salah, karena itu menyebabkan infeksi hingga 70 persen. Cara yang tepat untuk menyeka setelah buang air adalah dari depan ke belakang. Mengapa? Alasannya sederhana, karena Anda tidak ingin menyeka limbah anak ke vagina Anda, bukan?

Menyeka berlebihan

Masih soal menyeka. Setelah buang hajat di toilet, gunakan kertas tisu secukupnya untuk menyeka daerah anal Anda. Jangan gunakan terlalu banyak kertas toilet, yang berarti menyeka terlalu berlebihan, karena ini berisiko mengiritasi daerah anal tersebut.

Lubang toilet

Jika karena alasan tertentu, Anda langsung berhubungan langsung ke lubang jamban, lebih baik lakukan buang hajat di tempat lain, pada sesuatu (mangkuk atau selembar kertas), sebelum membuangnya ke dalam lubang toilet. Ini untuk menghindari alat kelamin terkena kuman yang sangat umum terdapat pada lubang toilet.

Tidak cuci tangan setelahnya

Dalam melakukan proses buang hajat di toilet, mungkin kita meletakkan tangan pada daerah yang terkena kuman, yang dapat membahayakan kesehatan kita jika dibiarkan tanpa pengawasan. Jadi, penting untuk selalu mencuci tangan setelah itu.

Yang terpenting adalah berhati-hati tentang diri kita, untuk kesehatan dan kebahagiaan kita.