Find Us On Social Media :

Siapa Sangka Ternyata WhatsApp Punya Banyak Fitur Tersembunyi

By Moh. Habib Asyhad, Selasa, 1 November 2016 | 14:33 WIB

Peringatan Peneliti: WhatsApp Mengumpulkan Banyak Informasi dari Ponsel kita

Intisari-Online.com - Ternyata WhatsApp punya banyak fitur tersembunyi. Setidaknya ada 10 fitur tersembunyi dalam pesan instan ini. Tapi masalahnya, berapa dari kita yang sudah memanfaatkan fitur yang sejatinya bisa digunakan oleh siapa saja ini?

Fitur-fitur tersembunyi ini, fungsi utamanya adalah untuk memudahkan banyak hal. Mulai dari menjaga privasi, mengurangi konsumsi data, hingga menyimpan percakapan ke dalam bentuk teks.

Dilansir dari KompasTekno, setidaknya ada 10 fitur tersembunyi WhatsApp yang meski kita ketahui.

1. Menyembunyikan “Last Seen”

Melalui WhatsApp, kita bisa tahu kapan terakhir lawan berkirim pesan kita membuka aplikasinya. Namun bila hal ini dirasa mengganggu privasi, kita bisa menyembunyikan tanda “last seen” tersebut.

Pertama-tama, pilihlah menu Setting, kemudian pilih tab Account dan Privacy. Kita akan menemukan bilah bertuliskan “Last Seen”. Pilihlah tab tersebut, maka akan muncul pilihan lain secara pop-up.

Kita bisa memilih everybody atau my contact atau nobody, tergantung siapa saja yang hendak kita kehendaki tidak melihat “last seen” kita.

2. Backup percakapan

Kita bisa membuat cadangan data percakapan sehingga saat berganti ponsel, semua percakapan lawas bisa dipulihkan kembali. Caranya pun mudah. Pada menu pengaturan atau Setting, carilah tab bertuliskan Chat dan Chat Backup. Di dalamnya berisi pengaturan untuk menyimpan cadangan data percapakan ke dalam Google Drive.

Cukup dengan memasukkan akun Gmail kita, serta mengatur agar aplikasi otomatis melakukan backup dalam durasi waktu tertentu. Selanjutnya semua akan berjalan otomatis

3. Menyimpan percakapan dalam bentuk teks

Menggunakan WhatsApp memungkinkan kita bisa menyimpan berbagai percakapan ke dalam bentuk teks. Ini berguna bila kita termasuk orang yang rapi dan senang menyimpan berbagai arsip percakapan.

Caranya, bukalah tab obrolan yang ingin kita simpan dalam bentuk teks. Sentuh tiga titik yang berada di kanan atas, lanjutkan ke bilah More dan sentuh pilihan Email Chat. Lalu kita bisa memilih apakah akan menyertakan berbagai media di dalam percakapan atau hanya teks. Setelah memilih akan muncul e-mail untuk mengirimkan percakapan tersebut.