Find Us On Social Media :

Memiliki Lintasan Sepanjang 4 Km, Beginilah Bocoran Desain Sirkuit MotoGP Palembang

By Moh. Habib Asyhad, Senin, 31 Oktober 2016 | 11:04 WIB

Inilah bocoran desain sirkuit MotoGP Palembang

Intisari-Online.com - Tak ada angin tak ada hujan, tiba-tiba Gubernur Sumatera Selatan Alex Nurdin bertemu bos Dorna Sport dengan membawa desain sirkuit MotoGP Palembang. Rencananya, sirkuit sepanjang 4 km lebih itu akan dibangun tidak jauh dari lokasi Stadiun Utama Jakabaring, Palembang, Sumatera Selatan.

Harapan Indonesia menjadi tuan rumah MotoGP sempat membumbung ketika Sirkuit Sentul dikabarkan telah siap menggelar MotoGP 2017-2019. Tapi harapan itu kembali tumbang ketika penyelenggara balapan itu, Dorna Sport, mengurum surat yang intinya berisi, Dorna sudah menutup pintu bagi Sirkuit Sentul untuk menjadi tuan rumah MotoGp.

Sejak itu memang sempat muncul desas-desus bahwa Palembang siap mengambil peran itu; sebagai tuan rumah dan penyelenggara MotoGP, menggantikan Sentul yang tak kunjung ada kabar.

Hingga akhirnya kepastian itu datang juga. Minggu (30/10) kemarin, Gubernur Sulmatera  Selatan Alex Noerdin untuk bertemu bos Dorna, Carmelo Ezpeleta ke Sepang. Tujuannya Alex jelas: melakukan pembicaraan terkait pembangunan sirkuit di Jakabaring, Palembang. Memang, sejak isu MotoGP muncul, Palembang jadi salah satu kandidat untuk lokasi dibangunnya sirkuit untuk MotoGP.

“Dorna malah yang lebih semangat dibandingkan saya. Dorna berpesan kalau ini sanat ketat waktunya, jadi diharapkan kita bisa memberikan yang terbaik,” ujar Alex saat dijumpai di Sepang, Malaysia, Minggu (30/10/2016).

Laki-laki yang pernah mencalonkan diri sebagai Gubernur DKI Jakarta tapi gagal itu menambahkan, kalau pihaknya bersama dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI) bekerja sama dengan para insinyur Tilke, sebagai perancang sirkuit. Dorna dan Tilke sendiri sudah melakukan kunjungan dua kali  ke Palembang, satu bulan yang lalu, untuk meliat lahan yang akan menjadi lokasi sirkuit. 

“Dorna sudah lihat dua kali. Herman Tilke juga sudah ke Jakabaring. Sesuai pengalamannya, sirkuit yang dibuat oleh Tilke hampir seratus persen terakreditasi dan menjadi tempat untuk balap MotoGP. Kami juga lihat kepercayaan yang dibangun, kalau Herman Tilke yang bikin desain, Dorna pasti menyetujui,” ujar ALex.

Saat ditemui di Sepang, Alex hanya bersama rombogan IMI, termasuk Ketua Umum, Sadikin Aksa. Tidak tampak ada perwakilan pemerintah yang ikut. Bisa jadi bahwa proyek sirkuit ini didanai oleh swasta sepenuhnya.