Find Us On Social Media :

Studi: Liburan di Rumah Bikin Keluarga Lebih Bahagia

By Esra Dopita M Sidauruk, Sabtu, 22 Oktober 2016 | 11:34 WIB

Makan bersama keluarga dapat menjadi salah satu cara terbaik demi menunjang kebahagiaan keluarga

Intisari-Online.com - Memiliki keluarga yang bahagia tentu jadi impian semua orang. Ada banyak cara untuk mencapai kebahagiaan keluarga. Salah satunya, dengan menghabiskan waktu luang atau berlibur di rumah. Apalagi, liburan di rumah bikin keluarga lebih bahagia.

Penelitian dari Baylor University, mengungkapkan, kebahagiaan keluarga tidak harus berpergian atau berlibur bersama ke tempat wisata. Waktu luang yang dihabiskan di rumah bersama keluarga dapat benar-benar menjadi lebih efektif untuk menumbuhkan kebahagiaan. Bahkan, kebahagiaan itu dapat bertahan lama.

Penelitian yang melibatkan 1.500 orang itu mensurvei mengenai jenis rekreasi keluarga. Hasilnya ditemukan, mereka yang berada di rumah dan terlibat kegiatan akrab lebih sering justru benar-benar bahagia daripada mereka yang menghabiskan waktu berlibur atau berpetualang.

“Hal itu mungkin karena otak difokuskan pada pengolahan informasi baru atau tempat baru, sehingga fokus pada keluarga menjadi berkurang ketika berlibur,” kata Karen K Melton, Ph.D, penulis utama dan asisten profesor anak dan keluarga.

Melton menyarakan, makan bersama keluarga dapat menjadi salah satu cara terbaik demi menunjang kebahagiaan keluarga. Ia juga menyarankan untuk menghindari kegiatan pasif, seperti menonton televisi.“Namun hal ini tak berlaku bagi semua keluarga. Sebab, setiap keluarga memiliki cara berbeda demi meningkatkan kebahagiaan keluarga, seperti bermain game, mendengarkan musik, dan memainkan hobi,” kata Melton.